Nikmatnya Makanan Khas Karawang Jawa Barat ini!

Makanan Khas Karawang – Karawang merupakan salah satu Kabupaten Kota di Jawa Barat, Kabupaten yang pernah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (PORPROV) di tahun 2006 memiliki banyak sekali tempat berwisata yang akan membuat kamu lebih fres.

Bukan wisata atau tempat lainnya melainwan wisata yang bayak disajikan adalah wisata alam, mulai dari Danau, Curung, Pantai, Candai dan lain sebaginya. Nah buat kamu yang ada di Jawa Barat jangan lupa yah untuk berkunjung ke Kabupaten yang satu ini.

Di Kabupaten ini selain tempat wisata alam yang luar biasa, ada juga makanan khas Karawang yang patut kamu coba ketika kamu berkunjung ke sini. Kamu tahu apa saja yang menjadi makanan khas Karawang? Oke kalau enggak tahu langsung aja kita bahas bersama, berikut adalah makanan khas Karawang.

Daftar Isi

Penasaran dengan  Makanan Khas Magetan Jawa Timur

Serabi Hijau Oleh-oleh Khas Karawang

serabi hijau khas karawang
Sumber : http://wcagustus2.blogspot.co.id/

Kamu pasti sudah pernah dengar dong serabi, ya serabi memang sudah menjadi makanan yang popular di Indonesia, banyak sekali beragam rasa dan varian dalam olahan makanan yang sudah ada sejak zaman baheula ini. tapi serabi kali ini memiliki warna hijau, cara makannya dicocol menggunakan santan/pemanis.

Dengan bahanalami berupa daun suji, sorabi ini sudah terkenal sebagai makanan khas dari Rengasdengklok Karawang. Baik dari kalangan pejabat, masyarakat biasa hingga mereka dari luar negeri pun pernah mencicipi makanan khas Karawang ini.

Pepes Walahar Khas Karawang

Pepes  yang kondang di Karawang. Kamu bisa menemukan makanan khas ini di lokasi yang tak jauh dari pintu tol karawang timur yang menuju ke kawasan industry Texmaco.

Disini kamu akan menemukan sebuah bendungan yang bernama walahar. Lokasi kedai pepesnya berada di seberang bendungan tersebut, melewati sebuah jembatan kecil. Menu yang paling dicari oleh banyak orang sudah tentu adalah pepesnya yang terkenal akan cita rasa kelezatannya.

Ikan Gabus Bumbu Pucung Kuliner Karawang

ikan gabus bumbu pucung karawang
Sumber : http://indietravelers.blogspot.co.id/

Makanan khas Karawang satu ini yang tak kalah lezat dari makanan lainnya adalah ikan gabus bumbu pucung .Menu khas ini adalah sayur ikan gabus bumbu pucung.

Menu ini sebenarnya masakan khas betawi yang disebut “Gabus Pucung” yakni ikan gabus yang dimasak dengan pucung/keluwak. Satu kilogram Ikan gabus, yang jumlahnya antara tiga sampai empat ekor, dapat dimasak menjadi lima porsi. Seporsi sayur gabus dijual Rp. 6,000 – 12.000.

Opak Ketan Rawagede Khas Karawang

Hampir di seluruh indonesia ada opak yang terbuat dari ketan, tetapi opak ketan di Rawagede ini memiliki rasa yang lain dari yang lain. Ada rasa khas tersendiri dibanding opak-opak ketan lainnya.

Opak ketan Rawagede berbentuk kecil-kecil, sangat berbeda sekali dengan opak ketan lain yang ukurannya besar-besar. Jadi hanya dua kali gigit langsung habis. Kelebihan opak ini adalah pada rasanya yang renyah dan gurih yang akan membuat kita ketagihan.Terutama untuk opak yang baru dibakar.

Soto Gempol Makanan Khas Karawang

kuliner khas karawang soto gempol
Sumber : https://risdiken900.blogspot.co.id/

Orang karawang pastinya sudah pada tahu soto ini. Di karawang soto yang satu ini sangat terkenal, Sebagian besar warga Karawang sudah sangat mengenal soto Gempol, maklumlah memang soto ini sudah ada sejak tahun 1980-an oleh H. Abdul Syukur dan Hj. Fatimah.

Menu andalan disini sudah pasti Soto Gempol-nya, tersedia empat pilihan soto yang dapat kamu nikmati disini diantaranya : soto daging, soto ayam, soto usus dan soto babat. Tapi jika kamu ingin mencicipinya semu tinggal pesan saja soto campur.

Jajanan Khas Karawang Tahu Bumbu

Salah satu menu khas di Karawang, kamu akan menjumpai banyak sekali penjual menu tahu bumbu. Sebagian besar dijajakan menggunakan gerobak di pinggir-pinggir jalan menggunakan kedai tenda sederhana.

Salah satunya yang berada di ruas jalan menjadi pusat kuliner di Karawang, yaitu di Jl. Dewi Sartika. Di sini ada kedai tahu bumbu sari rasa yang sudah ada sejak tahun 1986. Tahu bumbu sebenarnya mirip dengan olahan tahu di beberapa daerah, namun berbeda nama, sola rasa buktikan sendiri.

Kue Gonjing Jajanan Khas Karawang

kue gonjing khas karawang
Sumber : https://i.ytimg.com/

Gonjing bagi orang asli atau yang sudah lama tinggal di Jawa Barat pasti tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini, selain memiliki rasa yang enak dan gurih gonjing juga termasuk ke dalam jajanan yang kebeadaannya sudah lama dan harga nya dikenal cukup bersahabat.

Gonjing dibuat dari bahan buah pohon kelapa dan tepung, rasanya sangat gurih legit yang dihasilkan dari gula bubuk putih di atasnya. Buat kamu yang suka pedas kue gonjing juga bisa dijadikan sebagai kue pedas loh, caranya dengan dicampur atau di totol saus pedas di atasnya.

Soto Tangkar Mang Nean

Selanjutnya adalah soto tangkar, soto ini mudah ditemukan di berbagai jalan di kota Karawang. Salah satu menu soto tangkar yang terkenal adalah soto tangkar mang nean yang mulai buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul setengah 11 malam. Walaupun cuma warung kaki lima, tapi soto tangkar mang nean ini tak kalah rasanya dengan yang ada di restoran-restoran besar sekalipun.

Nah, itulah delapan makanan khas Karawang yang gurih dan enak, kamu juga bisa membawa pulang oleh-oleh, beberapa makanan diatas. Gimana? masih bingun mau makan apa ketika di Karawang? Perlu kamu ketahui juga beberapa makanan khas Karawang di atas bisa kamu temui di beberapa Daerah di Jawa Barat juga loh.

Tinggalkan komentar