roti bolu magetan

Makanan Khas Magetan Jawa Timur

Makanan Khas MagetanMagetan adalah satah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur, kalau kamu ingin mendaki Gunung Lawa  lewat jalur cemorosewu salah satu daerah selain dari Solo kamu bisa melawati kabupaten yang satu ini.

Walaupun hanya kabupaten dan bisa di bilang jauh dari perkotaan tapi Magetan mempunyai makanan khasnya yang jarang ada didaerah lain. Makanan khas magetan terbilang unik karena di setiap warung makan pasti kamu dapat menemukan makanan yang satu ini. Berikut adalah mekanan khas magetan.

Nasi Pecel

makanan khas magetan
Sumber : tribunnews.com

Jika kamu mengenal nasi kuning, nasi uduk, dan berbagai macam nasi lainnya sama halnya dengan Magetan yang mempunyai makanan khas yaitu nasi pecel. Nasi pecel sendiri adalah nasi putih biasa hanya saja beberapa bumbu yang berbeda yang di sebut bumbu pecel.

Dalam satu porsi kamu haya perlu membayar 5.000 rupiah ditambah telor dadar ataupun ceplok yang ditata diagian atass nasi setelah semua bumbu dimasukan. Dengan uang lima ribu rupiah juga kamu dapat kerupuk sebagai penambah nafsu makan.

Nasi pecel juga dalam satuan porsinya sudah cukup untuk mengisi perunt kamu yang kosong dan pastinya mmembuat energi dan tenaga kam bertamah untuk beraktivitas setiap harinya. Makanan khas magetan yang satu ini hanya dapat kamu nikmmati di pagi hari saja.

Penasaran dengan  Ayo Kita Sama-sama Menikmati Makanan Khas Bengkulu ini!

Roti Bolu

roti bolu magetan
Sumber : http://4.bp.blogspot.com/

Roti bolu termasuk kedalam makanan khas magetan, roti bulo adalah salah satu jajanan yang hampir setiap warung di Magetan menawarkan roti bolu ini. Kamu dapat menimkati roti bolu ini sebagai teman dalam berkerja ataupun hanya untuk mengganjal perut yang kosong.

Makanan Khas Magetan Sate

Sate menjadi salah satu makanan Indonesia yang sudah terkenal di mancan negara, sate sendiri memiliki rasa dan bentuk potongan yang unik disetiap daerah di Indonesia. Seperti halnya sate yang berasal dari Madura, teryata kota Magetan juga memiliki sate yang unik yang banyak di sajikan di Magetan.

Terdapat dua jenis sate yang unik di magetan, terlepas dari sate daging ayam dan kambing, kamu juga dapat menikmati sate daging kelinci dan jamur tiram. Nah, sudah pernah makan sate kelinci atau jamur tiram? Untuk dapat menikmati sate ini kamu harus menunggu waktu sore hari hingga malam.

Sate Jamur Tiram

sate jamur tiram magetan
Sumber : http://1.bp.blogspot.com/

Sate Kelinci

sate kelinci makanan khas magetan
Sumber : http://blog.upnyk.ac.id/

Tepo Tahu

topo tahu makanan khas magetan
Sumber : http://static.ucontest.info/

Tepo tahu menjadi salah satu makanan khas Magetan yang sudah diketahui banyak orang. Sebenarnya tepo sama saja dengan lontong hanya saja penamaan tepo dan lontong di bedakan dari bentuknya, tepo biasanya berbentuk limas atau piramida.

Tepo tahu adalah campuran antara tepo dan tahu yang digabungkan disertai, potongan telur dadar, toge serta bumbu-bumbu lainnya. Rasa yang dimiliki tahu tepo sendiri bervariasi  mulai dari pedas, manis hingga asin atau gurih yang pastinyya membuat lidah bergoyang dan perut terisi.

Penasaran dengan  Inilah Fakta Dayak Indramayu yang Belum Terungkap!

Makanan Khas Magetan Sempolan

makana sempolan magetan
Sumber : http://2.bp.blogspot.com/

Sempolan adalah jajanan yang tersedia di Magetan dan karena banyaknya orang atau warung yang menjual makanan ini di Magetan, menjadikan sempolan sebagai makanan khas magetan. Rasa yang dimili sempolan sangat enak apalagi dengan harga yang murah yaitu 500 rupiah untuk satu sempolan.

Jajanan ini dapat kamu beli dan nikmati di sore hari, karena pada umumnya warung hanya menyediakan sempolan di sore hari saja. Untuk cara buat dan bahan yang diperlukan sangat mudah dan tidak banyak, kamu bisa cari di mbah google bagaimana cara membuat sempolan.

Bubur Jenang

bubur jenang menjadi salah satu makanan khas magetan
Sumber : http://www.infomakan.com/

Pada bubur jenang adalah gabungan antara bubur sumsum dan bahan lainnya, bubur jenang sudah menjadi hal favorit warga Kabupaten Magetan untuk sarapan pagi. Harga satu porsi bubur jenang sangat murah sekali dan bersahabat yaitu 2.000 sapai 3.000 rupiah saja.

Dengan harga yang murah ini jangan bayangkan kamu mendapatkan porsi yang sedikit, porsi yang ditawarkan dalam bubur ini juga sudah cukup untuk mengganjal perut yang lapar di paggi hari, rasa yang manis menjadikan bubur jenang di sukai oleh anak-anak dan disantap sebelum berangkat sekolah.

Wedang Ronde

wedang ronde mageta
Sumber : https://jarwadi.files.wordpress.com/

Siapa yang tidak mengenal wedang ronde? Ya wedang ronde sudah terkenal di Indonesia, banyak daerah di Indonesia yang menjadikan wedang ronde sebagai makanan khas daerahnya, samahalnya juga dengan Magetan yang menjadikan wedang ronde sebagai makanan khas magetan yang patut kamu coba.

Penasaran dengan  Aneh? 9 Makanan Khas Bangka Belitung Ini!

Wedang ronde sangat cocok di sajikan di malam hari apalagi jika cuaca sedang turun huja atau baru saja turun hujan. Makanan ini bersifat menghangatkan tubuh dan tenggoronkan, selain ini mengkonsumsi wedang ronde dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada suasana yang dingin mengcekam.

baca juga : Makanan khas Majalengka

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Magetan yang unik dan patut di cobain, beberapa makanan khas magetan yang saya sebutkan di atas adalah makanan yang sudah terkelan di Kabupaten Magetan sendiri dan di luar sana. Jangan lupa sebarkan artikel ini agar orang tahu makanan magetan yang enak-enak ini.

Tinggalkan komentar