Inilah 7 Makanan Khas Medan Yang Bisa Membuat Kamu Ngiler

Makanan Khas Medan –  Hallo guys, pada kali ini kita kembali membahas makanan lagi nih. Siapa sih yang ngga doyan makan? Wow, pastinya kamu semua pada jago sama yang namanya makan bukan. Nah maka dari itu yuk ikuti postingan ini, nah untuk kali ini saya akan memberikan beberapa ulasan mengenai makanan khas kota medan yang akan membuat lidah kamu bergoyang. Ya namanya juga makanan khas pastinya yang tertuju adalah makanan tradisional bukan.

Ngomong-ngomong kamu udah berkunjung kekota medan belum?, bagi kamu yang sudah datang kesana saya ucapin selamat deh. Karena kan pastinya kamu sudah merasakan begitu nikmatnya makanan kota medan. Eitt … tapi bagi kamu yang belum pernah berkunjung kesana jangan khawatir yuk mari kita intip apa saja makanan khas yang terdapat di kota medan.

Inilah Makanan Khas Medan Yang Bisa Membuat Kamu Ngiler

 

  1. Lemang

lemang khas medan
sumber : dutamedan.com

 

Lemang adalah makanan khas medan yang sangat unik sekali, mulai dari pembuatannya hingga cara penyajiannya. Makanan ini sangat banyak dijajakan di pasaran kota medan. Bahkan makanan ini adalah makanan yang sudah turun temurun ada dan masih banyak diminati.

Lemang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan campuran santan dan dimasukan kedalam bambu yang kemudian dibakar sampai matang. Jika bambu sudah gosong dan aroma wangi sudah muncul itu tandanya sudah matang. Untuk rasanya sendiri sangat enak sekali rasa manis yang berasal dari ketan serta rasa gurih dari santan berpadu menjadi satu yang membuat makanan yang satu ini sangat enak sekali.

Penasaran dengan  Nama Cabang-Cabang Biologi Yang Familiar Terdengar Namun Tidak Semua Orang Tahu

Momen yang paling pas untuk menikmati jajanan ini adalah ketika pagi hari apa lagi disantap sambil ngeteh ataupun ngopi. Pastinya sangat enak sekali rasanya.

  1. Sayur Gurih Taucho

Sayur Gurih Taucho khas medan
sumber : youtube.com

Makanan khas medan yang kedua iyalah taucho, sedikit cerita ketika saya mencicipi makanan ini ketika itu ayah saya sedang membuat makanan ini. Sungguh luar biasa dari aroma dan rasanya sangat menggoda sekali. Apalagi banyak campuran sayur dan udang dalam penyajiannya sangat membuat nafsu makan naik.

Makanan khas yang satu ini biasanya disajikan ketika momen lebaran tiba, karena memang sangat pas sekali disajikan dengan ketupat. Berbeda pada wilayah kita bukan biasanya ketupat paling pas disajikan dengan sambal goreng yang pedas.

Sayur gurih ini memiliki bumbu yang sama seperti sambal goreng pada umumnya yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, lengkuas, jahe dan bahan lainnya.

  1. Kue Putu Bambu

Kue Putu Bambu
sumber : youtube.com

Kue putu pastinya sudah tidak asing lagi bagi telinga kamu bukan. ya karena memang sangat banyak sekali orang yang menjual makanan tradisional ini. Saya termasuk orang yang suka dengan makanan yang satu ini loh, dari baunya yang harum serta rasanya yang gurih manis dan pastinya membuat perut saya kenyang.

Kue putu disajikan dengan parutan kelapa yang menyelimutinya dan juga terkadang dibagian dalam kue putu terdapat gula merah yang membuat rasanya manis. Mungkin kamu dulu sering melihat penjual kue ini bukan, yang kalau ada orang jual bunyinya tuuuutt… tuuut seperti suara klakson kreta itu loh. Tapi sangat disayangkan sekarang kue tersebut sangat sulit untuk didapatkan didaerah kita. Namun jika kamu ingin kue ini kamu bisa datang langsung ke medan untuk memperolehnya loh, hehehe.

  1. Bubur Pedas

Bubur Pedas Khas Medan
sumber : travelingyuk.com

Bubur khas medan memang sangat unik sekali dan berbeda dengan bubur pada umumnya yang memiliki rasa yang gurih. Namun sesuai dengan namannya bubur pedas memiliki rasa yang sangat pedas sekali. Bubur ini disajikan dengan warna yang merah seakan memberitahukan bahwa bubur ini memang benar-benar pedas.

Penasaran dengan  √9+ Makanan Khas Semarang Yang Akan Membuat Kamu Ngiler

Namun jangan salah, bubur pedas ini menjadi primadona dan menjadi favorit orang medan loh. Apalagi ketika bulan ramadhan banyak sekali masjid yang menyediakan buka bersama dengan menu bubur ini loh sob. Rasanya ridak hanya pedas saja akan tetapi sangat nikmat sekali jika sudah sampai lidah kamu.

  1. Saksang

Saksang
sumber : jv.wikipedia.org

Makanan khas medan yang satu ini adalah makanan yang berbahan kerbau yang mana yangat digemari oleh suku batak yang ada di kota medan. Namun jika kamu seorang muslim maka saya sarankan kamu jangan memakan makanan yang satu ini, karena ada juga yang berbahan bukan dari daging sapi.

  1. Kue Ombusombus

Kue khas medan yang satu ini merupakan makanan khas yang nikmat sekali dan pas disantap ketika sedang lapar. Kue yang satu ini berbahan dari tepung beras yang dimasak dan ditengahnya diberikan gula merah yang di bentuk kerucut dengan daun pisang.

Rasanya yang manis gurih saya yakin jika kamu memakannya kamu akan ketagihan dengan makanan yang satu ini.

  1. Kue Lupis Medan

kue lupis
sumber : id.pinterest.com

Kue lupis adalah makanan khas medan yang merupakan jajanan favorit saya dulu. Kue ini memang berasal dari tanah jawa, akan tetapi di kotamedan pun terdapat makanan yang satu ini. Kue lupis berbahan dasar tepung beras yang didalamnya ditambahkan buah pisang ataupun buah nangka.

Penasaran dengan  √ 7 Makanan Khas Jambi Yang Membuat Kamu Ngiler

Kue ini disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah yang dilelehkan membuat rasanya sangat nikmat untuk dinikmati saat bersantai. Kue ini berbentuk kerucut karena memang ketika dibuat dengan dibungkus daun pisang yang dibentuk kerucut dan kemudian dikukus.

Tinggalkan komentar