sambel ikan wader khas mojokerto

Makanan Khas Mojokerto Jawa Timur

Makanan Khas Mojoketo – Mojokerto adalah salah satu kota yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Hanya berjarak 50 km barat daya dari salah satu kota terbesar di Indonesia yaitu Surabaya. Salah satu yang membuat Mojokerto terkenal adalah makanan khasnya.

Di Mojokerto terdapat banyak sekali makanan khasnya, tidak hanya makanan khas Mojokerto saja yang menjadikan terkenal nya Mojokerto di pribumi Indonesia akan tetapi sejarah yang ada pada pada Mojokerto itu sendiri.

Bahkan di Mookerto mempunyai wilayah sejarah pusat pemerintahan kerajaan terbesar dan terluas di Indonesia. Karena itulah Kota Mojokerto mempunyai makanan khas yang beragam dan pastinya enak. Berikut adalah makanan khas Mojokerto yang sudah ada sejak lama dan populer di Indonesia.

Onde-onde khas Mojokerto

onde-onde khas mojokerto
sumber : http://www.resepsedapku.com/

Salah satu makanan dan jajanan yang menjadi khas Kota Mojokerto adalah onde-onde, ya, makanan yang satu ini sudah banyak beredar hampir di seluruh penjuru Indonesia. Kamu pasti sudah pernah mencobanya bukan?

Onde-onde sendiri adalah makanan khas Mojokerto yang terbuat dari tepung ketan yang membentuk seperti bola, onde-onde di dalamnya berisi kacang hijau. Pada bagian luarnya onde-onde ditaburi wijen dan sangatlah pas jika dihidangkan saat masih hangat.

Kerupuk Rambak Khas Mojokerto

kerupuk rambak mojokerto
sumber : http://pengusaharambak.blogspot.com/

Makanan khas Mojokerto selanjutnya adalah kerupuk rambak, kerupuk rambak paling banyak dihasilkan dari Desa Doas, Kecamatan Trowulan dan Desa Kauman, Kecamatan Bangsal. Kerupuk rambak ini cocok buat menemani perjalanan kamu ketika bepergian.

Penasaran dengan  Permainan Tradisional Bali Beserta Gambarnya

Kerupuk rambak adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi yang sudah dikeringkan terlebih dahulu lalu diolah dan dijadikan kerupuk. Kerupuk rambak ini banyak di jual di pinggir jalan, kalau kamu ingin membeli kerupuk rambak ini sebaiknya didampingi oleh teman yang sudah berpengalaman.

Tidak mudah membedakan mana kerupuk rambak yang enak dan sudah basi, jadi agar kamu tidak kecewa nantinya pastikan kamu memilih warung dan waktu yang tepat untuk membeli kerupuk rambak ini.

Kerupuk Upil Khas Mojokerto

kerupuk upil khas mojokerto
sumber : http://krupuk-melarat.blogspot.co.id/

Nah, satu lagi kerupuk yang menjadi makanan khas Mojokerto yaitu kerupuk upil, kerupuk yang satu ini bukanlah kerupuk yang berbahan utama upil (kotoran hidung). Masa iya kotoran hidung dijadikan sebagai makanan lagi.

Baca juga : Makanan Khas Lumajang dan Makanan Khas Majalengka

Disebut dan diberi nama kerupuk upil karena pada proses penggorengan atau pematangan kerupuk ini tidak menggunakan minyak goreng apa lagi minyak tanah. Untuk menggoreng kerupuk ini digunakan pasir sebagai media penggorengan, kerupuk upil sangat serasi jika disandingkan dengan sambal petis.

Makanan Khas Mojokerto Sate Keong

makanan khas mojokerto sate keong
sumber : http://www.tokomesin.com/

Setiap kota pasti mempunyai makanan khasnya masing-masing, meskipun banyak ditemui makanan khas yang sama. Salah satu makanan khas Mojokerto yang sebenarnya sudah menjadi banyak sekali makanan khas di kota lainnya yaitu sate. Sate sudah menjadi ciri khas makanan khas Medan.

Tapi siapa yang sangka jika sate juga menjadi makanan khas Mojokerto. Tapi sate di Mojokerto memang beda karena sate ini berbahan utama keong yang diambil dan terdapat banyak di persawahan masyarakat sekitar.

Sebelum melepaskan keong dari cangkangnya, keong terlebih dahulu direbus dengan air panas mendidih agar kotoran yang ada pada keong keluar dan memudahkan keong di keluarkan dari cangkangnya.

Penasaran dengan  Makanan Khas Magetan Jawa Timur

Setelah di keluarkan dari cangkangnya, maka keong siap ditusuk dan langsung diberi bumbu sate keong. Bumbu yang digunakan juga menyesuaikan sate keong jadi bukan sembarang bumbu sate pada umumnya. Gimana tertarik untuk mencobanya?

Sambal Wader Khas Mojokerto

sambel ikan wader khas mojokerto
sumber : http://www.kabarmojokerto.com/

Siapa yang sangka bahwa, Sambal wader juga merupakan salah satu makanan khas Mojokerto yang enak dan selalu di hidangkan setiap kali makan. Sambal wader adalah sambal yang berbahan utama ikan wader.

Ikan wader adalah ikan yang hidup di air tawar biasanya masyarakat Mojokerto mecari ikan wader di sungai ataupun membuduidayakannya. Sangat mudah dan simpel untuk mengolah ikan wader yang nantinya akan di jadikan sebagai sambal penyempurna makan.

Ikan wader terlebih dahulu dibersihkan dari sisik maupun kotoran yang menempel, setelah dibersihkan ikan dapat langsung di campur dengan bahan pembuat sambal lainnya, seperti bawang dan cabai. Setelah itu barulah digoreng hingga matang.

Minuman Khas Mojokerto Es Gronjongan Majapahit

minuman khas mojokerto es gronjongan
sumber : https://.googleusercontent.com/

Es gronjongan majapahit merupakah salah satu minuman khas mojokerto yang sampai saat ini keberadaannya dan kepopularannya masih meningkat. Es gronjongan majapahit ini sangat laku dan sangat banyak diminati pembeli saat bulan Ramadhan, karena es gronjongan majapahit sangat pas untuk berbuka puasa.

Es gronjongan ini dijadikan minuman khas Mojokerto karena sudah ada sejak dahulu, biasanya isi es gronjongan majapahit ini ada agar-agar yang sudah dipotong kotak-kotak, santan yang sebelumnya direbus dengan daun pandan, sirup, dan es batu. minuman khas Mojokerto ini bisa dijadikan sebagai minuman penutup.

Penasaran dengan  Kamu Harus Tahu, Makanan dan Minuman Khas Batam Ini!

Es Cendol Minuman Khas Mojokerto

es cendol minuman khas mojokerto
sumber :https://www.pegipegi.com/

Siapa yang menyangka bahwa es cendol yang banyak diketahui berasal dari Ibu Kota Jawa Barat (Bandung) ternyata dijadikan minuman khas Mojokerto. Masyarakat Mojokerto yang suka dengan rasa manis yang ada pada es cendol menjadikan es cendol sebagai minuman Khas Mojokerto.

Alasan lain mengapa es cendol dijadikan sebagai minuman khas Mojokerto adalah, munculnya atau keberadaanya yang sudah ada sejak lama. Es cendol khas Mojokerto hampir sama dengan es cendol yang ada di Kota Bandung, hanya saja yang membedakan penyajiannya.

Itulah beberapa makanan dan minuman khas Mojokerto yang terkenal dan populer di Indonesia. Gimana pasti menarik untuk di coba dan rasakan kenikmatan nya bukan? Ya bagi kamu yang tinggal di Jawa Timur jangan ragu dan pusing untuk menjelajahi kuliner Jawa Timur.

Tinggalkan komentar