√9+ Makanan Khas Semarang Yang Akan Membuat Kamu Ngiler

Makanan Khas Semarang – Kota semarang merupakan suatu kota yang terletak di jawa tengah. Kota semarang bukan hanya terkenal dengan industrinya saja akan tetapi sangat terkenal sekali dengan makanan khasnya. Banyak sekali makanan yang di gemari oleh warga baik itu dari orang lokal maupun orang luar kota.

Bicara tentang jawa tengah pastinya kita sudah tahu dong dengan warung yang terkenal di setiap daerah. yaitu angkringan, nah angkringan ini sebenarnya berasal dari daerah jawa terkhusus di jawa tengah.

Mengenai makanan khas semarang, saya akan membagikan makanan khas yang banyak di gemari oleh semua orang. Tentunya kamu pasti ngiler deh jika sudah melihat makanan khas semarang ini.

tentunya makanan khas adalah makanan yang menyehatkan buat kamu yang sedang menjalankan pola hidup sehat. jadi kamu jangan khawatir dari pada mangkonsumsi makanan yang instankan malah lebih berbahaya.

Untuk itu yuk simak makanan wajib khas semarang yang harus kita icipi.

1. Nasi Ayam Khas Semarang

nasi ayam khas semarang
sumber : sensasimasakan.blogspot.com

Nasi ayam bukan nasi yang berbahan ayam ya gan, hehehe.

Maksudnya adalah nasi liwet yang di sajikan dengan berbagai lauk seperti suwiran ayam, telur rebus, sambal goreng dan sop opor yang di jadikan satu.

Penasaran dengan  12 Foto Meme Seleberasi Cristiano Ronaldo ke Gawang Atletico Madrid

Asal mula nasi ayam ini adalah dari seorang penjual nasi keliling yang bernama Satinem. Beliau menjual nasi ayam keliling sejak tahun 60-an. Nah yang uniknya sebenarnya pada jaman dulu nasi ayam ini di beri nama nasi ayam Kampung Koja. namun sekarang sudah banyak dikenal dengan nasi ayam khas semarang.

2. Tahu Gimbal Khas Semarang

tahu gimbal khas semarang
sumber : ksmtour.com

Bukan hanya rambut saja yang dikatakan gimbal, tetapi juga ternyata tahu juga bisa dikatakan gimbal. Nama gimbal diambil karena dalam penyajianya mempunyai porsi yang sangat banyak sekali.

Untuk rasanya sangat enak sekali apalagi sangat cocok di makan ketika sarapan pagi.

3. Nasi Goreng Babad Gongso

Nasi Goreng Babad Gongso
sumber : rawfoodartist.com

Makanan khas semarang yang satu ini sangat banyak digemari oleh para penikmatnya. makanan ini memiliki bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan cabai merah.

Untuk anda yang ingin menambahkan telur bisa juga untuk orak-arik pada nasinya. Serta menyantapnya dibarengi dengan kerupuk yang renyah.

4. Tahu Petis Khas Semarang

Tahu Petis Khas Semarang
sumber : mydikuliner.blogspot.com

Tahu petis merupakan makanan yang sudah familiar sekali. kita bisa mendapati makanan ini di semua daerah, kita bisa membelinya pada pasar-pasar maupun di pinggir jalan.

Petis pada dasarnya sisa dari rebusan udang maupun ikan yang di olah menjadi cairan yang seperti saus. petis mempunyai warna yang kehitaman.

Tahu petis ini dimakan dengan mencocolkan tahu kedalam petis ataupun bisa juga dimakan hanya dengan cabai saja.

Namun sangat enak sekali jika tahu ini dikonsumsi dengan memakai petis dan dinikmati bersama keluarga di rumah.

Penasaran dengan  Inilah 7 Makanan Khas Jogja Yang Akan Memanjakan Lidah Kamu

5. Lumpia Semarang

lumpia semarang
sumber : cookpad.com

Lumpia merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Makanan yang biasa dijadikan kue saat buka puasa ini sangat banyak dibuat oleh ibu-ibu.

Kota semarang merupakan kota lumpia, ketika kita berkunjung ke kota semarang rasanya kurang pas kalau tidak membeli jajanan yang satu ini.

6. Pisang Plenet Khas Semarang

pisang plenet khas semarang
sumber : cookpad.com

Pisang plener merupakan jajanan khas semarang yang sangat nikmat sekali. Bahkan jika anda memakannya maka anda akan ketagihan saking enaknya. Rasa pisang yang manis di panggang diatas bara, membuat pisang menjadi agak gosong.

7. Nasi Kucing

nasi kucing khas semarang
sumber : resepnyaumi.blogspot.com

Nasi kucing bukan berati nasi untuk kucing yah bro. hehe

akan tetapi nasi yang mempunyai porsi yang sangat sedikit sekali. ya miriplah ketika kita memberi makan kucing dengan nasi yang sedikit.

Nasi kucing memiliki rasa yang sangat enak sekali, banyak sekali peminat yang menikmati nasi kucing setiap harinya. Makanan ini wajib di cicipi ketika kita sedang berlibur atau berada di semarang. Dijamin bakalan ketagihan deh.

Untuk harganya nasi kucing ini di banderol dengan harga yang cukup murah. Sehingga kita bisa menikmatinya tanpa banyak menguras kantong.

8. Gulai Kepala Ikan

gulai kepala ikan
sumber : id.tastemade.com

Makanan khas semarang yang satu ini merupakan makanan yang memiliki rasa sangat nikmat sekali. Bumbu rempah yang di campurkan pada kuah membuat aroma dan rasanya sangat lezat.

Aroma amis pada ikan pun tidak begitu terasa dan tidak terlalu berbau ketika kitta memakannya.

9. Wingko Babad Khas Semarang

wingko semarang
sumber : harianresep.blogspot.com

Wingko babad merupakan makanan khas semarang yang terbuat dari beras ketan yang di campur dengan kelapa dan kemudian di panggan.

Penasaran dengan  7 Hal Pentingnya Menulis

Jajanan ini memiliki rasa yang gurih dan juga sedikit manis. jajanan ini sangat cocok dinikmati saat berkumpul dengan keluarga menonton televisi ataupun saat bersantai. jajanan ini juga bisa dijadikan makanan untuk sarapan.

10. Bakmi Jawa

sumber : bumbureseep.blogspot.com

Makanan khas selanjutnya adalah bakmi jawa, makanan ini paling cocok di santap pada malam hari. apalagi ketika dingin, bakmi ini sangat cocok untuk menghangatkan tubuh kita.

Bakmi yang memiliki bumbu yang istimewa serta di barengi sayuran dan di taburi suwiran ayam. Membuat bakmi ini sangat banyak sekali digemari oleh semua kalangan baik yang muda maupun yang tua.

Tinggalkan komentar