makanan khas sulawesi selatan pisang epe

7 Makanan Khas Sulawesi Selatan Ini, Bisa Bikin Nagih Deh!

Makanan Khas Sulawesi Selatan – Tahu Makassar kan? Nah Makassar adalah Ibu Kota dari Provinsi Sulawesi Selatan ini. Tapi kali ini kita enggak membahas tentang Kota Makasar melainkan Provinsinya, yaitu Sulawesi Selatan.

Seperti yang dilansir oleh wikipedia bahwa pada Provinsi Sulawesi Selatan tercatat ada 24 Kota dan Kabupaten, selain itu di Sulawesi Selatan juga terdapat tujuh bahasa daerah yang berbeda-beda. Tapi kali ini kita akan membahas tentang makanan tradisional khas Sulawesi Selatan.

Wisata kuliner yang terdapat di Sulawesi Selatan ini tidak kalah menarik dengan wisata kuliner di Provinsi ataupun Kota lain di Indonesia. Pasalnya tercatat ada 25 makanan tradisional yang menjadi khas Sulawesi Selatan (menurut wikipedia).

Tertarik untuk mencobanya? Tapi kamu harus tahu dulu daftar nama makanan khas Sulawesi Selatan berikut ini :

  1. Baje Bandong
  2. Bandang-Bandang
  3. Baroncong
  4. Barongko
  5. Bassang
  6. Benno
  7. Bipang
  8. Coto Makassar
  9. Cucur Bayao
  10. Jalangkote
  11. Kapurung
  12. Kue Biji Nangka
  13. Nasu Palekko
  14. Pa’piong
  15. Pallu Butung
  16. Pallubasa
  17. Pisang Epe
  18. Pisang ijo
  19. Putu Cangkiri
  20. Roko-roko Cangkuning
  21. Roti Maros
  22. Songkolo Bagadang
  23. Sop Saudara
  24. Sup Konro
  25. Tenteng

Gimana banyak bukan? Dan pastinya saya akan membahas beberapa saja makanan dari 25 makanan khas Sulawesi Selatan ini. Kenapa enggak semuanya? Karena jika saya menuliskan semuanya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bukan hanya menuliskan bahan membacanya juga.

Penasaran dengan  Makanan Khas Kalimantan Timur yang Menarik Untuk di Coba!

Jadi dari 25 makanan khas Sulawesi Selatan tersebut, saya hanya akan membahas tujuh saja, hehehe 😃 ya meskipun tujuh tapi juga Bermanfaat loh. Nah berikut adalah tujuh makanan tradisional Sulawesi selatan yang sudah saya pilih untuk di jelaskan.

Kapurung Khas Sulawesi Selatan

kapurung dari sulawesi selatan
Sumber : https://akbarmangindara.files.wordpress.com/

Makanan ini merupakan khas dari Sulawesi Selatan, khususnya warga daerah Luwu (Kota Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, Kabupaten Luwu). Kapurung terbuat dari sari atau tepung sagu yang dimasak bersama campuran ikan atau daging ayam serta berbagai sayuran.

Walaupun tradisional, Kapurung sekarang ini mulai sudah populer. Kapurung kini bisa ditemukan di Makassar baik di warung atapun restoran bersamaan dengan masakan modern. Di daerah Luwu, Kapurung sering disebut Pugalu sedangkan di Maluku dikenal dengan nama Papeda.

Coto Makassar, Pasti Tahu Dong?

makanan khas sulawesi selatan, coto makassar
Sumber : www.diahdidi.com/

Siapa yang tak pernah dengar nama masakan ini? Coto Makassar atau disebut juga Coto Mangkasara merupakan makanan khas dari Makassar.

Penasaran dengan  Kamu Perlu Tahu 10 Makanan Khas Jepara Ini!

Makanan lezat ini terbuat dari isi perutatau jeroan sapi yang direbus dalam jangka waktu yang lama. Rebusan bercampur daging sapi tersebut lalu diiris-iris kemudian dibumbui dengan racikan khusus.

Coto dihidangkan dalam sebuah mangkuk dan dimakan bersama dengan ketupat dan burasa. Sekarang ini Coto Makassar sudah semakin menyebar ke seluruh daerha di Indonesia, baik di warung tepi jalan sampai restoran.

Sop Konro, Menjadi Makanan Khas Sulawesi Selatan

sop konro khas sulawesi selatan
Sumber : http://www.diaryperempuan.com/

Sop ini merupakan masakan berupa sup iga sapi yang berasal dari tradisi suku Bugis dan Makassar. Terbuat dari iga sapi atau juga daging sapi. Masakannya memiliki kuah berwarna coklat kehitaman dan biasanya disantap bersama dengan ketupat kecil yang sudah dipotong-potong.

Warna gelap kuah berasal dari kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif “kuat” sebabnya terdapat penggunaan ketumbar dalam pembuatannya.

Aslinya, konro dimasak berkuah berbentuk sup yang kaya akan rempah. Namun sekaang ada variasi kering yang bernama Konro bakar yakni iga sapi bakar berbumbu khas konro.

Jalangkote, Kue Khas Sulawesi Selatan

Jalangkote, Kue Khas Sulawesi Selatan
Sumber : http://www.dapoeryuyu.com/

Kue ini berbentuk mirip dengan kue yang ada di ibukota dan beberapa daerah lain yang disebut pastel. Perbedaannya, bahan kulit jalangkote lebih tipis dari kulit pastel.

Kulit pada jalangkote terbuat dari terigu, santan, telur, garam, mentega serta bahan tambahan lainnya yang kemudian dibuat tipis-tipis. Tak hanya kulitnya, isi jalangkote pun juga beda. Jika pastel berisi cokelat, susu, ikan, kacang, dan lain-lain maka jalangkote tidak.

Umumnya, isian jalangkote hanya berupa wortel dan kentang yang dipotong berbentuk dadu kecil-kecil, toge, atau juga soun. Sayuran tersebut ditumis dengan bumbu merica, bawang merah, bawang putih serta bumbu lainnya.

Jikalau sekarang isian jalangkote mengalami perubahan, itu hanyalah penambahan telur 1/4 atau 1/2 butir dan juga daging sapi cincang. Jalangkote biasanya disantap dalam menu untuk berbuka puasa.

Buras/Burasa’ Khas Sulawesi Selatan

Buras/Burasa' Khas Sulawesi Selatan
Sumber : https://upload.wikimedia.org/

Buras serupa dengan lontong yang terbuat dari beras tapi bentuknya berbeda. Buras umumnya lebih halus berbalut daun pisang muda lalu disajikan bersama taburan bumbu kelapa, gula, cabai, serta garam.

Makanan khas ini banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, buras umum disajikan dalam acara-acara tertentu seperti acara syukuran lebaran, ataupun pernikahan. Dan hal kabar baiknya burans kini bisa kita jumpai hampir di seluruh daerah di Jawa.

Mie Titi, Tidak Kalah Menarik

mie titi makanan tradisional sulawesi selatan
Sumber : https://naismacreation.files.wordpress.com/

Sejenis mie kering dengan kuah kental dan juga irisan ayam, jamur, udang, cumi, dan hati. Hampir serupa dengan ifumie hanya saja mienya sangatlah tipis.

Awalnya nama mie titi bukanlah nama jenis makanan tapi kata titi berasal dari nama panggilan pemilik Mie Kering di Makassar yang populer di tahun 70-an.

Berawal dari seorang berketurunan Tionghoa bernama Ang Kho Tjao yang lalu menurunkan resep memasak mie kering pada tiga anaknya yakni Hengky, Awa, dan Titi.

Setelah Ang Kho Tjao wafat, usaha kedai mie kering kemudian dilanjutkan ketiga anaknya yang mana masing-masing membuka kedai masing-masing. Kedai yang cukup populer di Makassar ialah kedai milik Titi, sehingga nama mie kering tersebut diidentikkan menjadi “Mie Titi”.

Pisang Epe, Teman yang Baik Untuk Ngobrol

makanan khas sulawesi selatan
Sumber : https://truffle-assets.imgix.net/

Pisang epe menjadi salah satui makanan tradisional Sulawesi Selatan, pisang epe adalah makanan yang berbahan dasar pisang (masa sih) heheheh. Sudah banyak sekali di Indonesia ini pisang di oalah menjadi berbagai jenis makanan, salah satuny adalah pisang epe ini.

Pisang ini adalah pisang mentah yang kemudian dibakar lalu dibuat pipih. Setelahnya dicampurkan dengan air gula aren. Pisang epe sangat pas disantap saat masih hangat. Makanan ini banyak ditemukan di sekitar Pantai Losari Makassar

Gimana? Tertarik untuk mencobanya? Dari tujuh makanan khas  Sulawesi Selatan di atas, kamu suka dengan makanan yang mana? Atau kamu belum pernah mencicipi semuanya? Yah kalau belum kamu bisa langsung dateng ke Sulawesi Selatan untuk menikmati hidangan khasnya.

Tapi dari 25 daftar nama makanan khas Sulawesi Selatan yang saya list di atas, mungkin ada beberapa makanan yang bisa kamu cobai dan cicipi di luar Provinsi Sulawesi Selatan, atau bahkan sama menjadikannya makanan khas daerahnya.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena memang tidak sedikit makanan khas daerah di Indonesia ini sudah tersebar ke setiap daerah di Indonesia juga. Walau bergitu rasa dan sensasi yang kamu rasakan pasti berbeda ketika kamu memakan makanan khas Sulawesi Selatan langsung di sanah.

Satu pemikiran pada “7 Makanan Khas Sulawesi Selatan Ini, Bisa Bikin Nagih Deh!

Tinggalkan komentar