Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Makanan Khas Sulawesi Tenggara – Sulawesi Tenggara merupakah nama salah satu Provinsi yang adai di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Sulawesi Tenggara juga merupakan Provinsi yang memiliki sejarah panjang.

Di Sulawesi Selatan kamu bisa menemukan bangunan sejarah dan berbagai hal lainnya yang sudah ada sejak zaman dahulu. Terbukti dari banyaknya tempat sejarah yang sekarang dijadikan sebagai objek wista pembelajaran bagi Masyarakat Indonesia.

Wisata tersebut masuk kedalam wisata sejarah, ada juga wisata lainnya seperti, wisata budaya, wisata aktrasi, dan wisata alam. Namun, kali ini kita enggak akan ngebahas wisata apa saja yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Melainkan membahas tentang, wisata kuliner, heummm lebih spesifiknya makanan khas Sulawesi Tenggara. Dimana terdapat 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Tenggara (menurut wikipedia), oke langsung saja, berikut adalah makanan khas Sulawesi Tenggara.

Berikut Daftar Nama Makanan Khas Sulawesi Tenggara :

  1. Sate Gogos Pokea
  2. Sinonggi
  3. Lapa-Lapa
  4. Kabuto
  5. Kasomi
  6. Luluta
  7. Heb’atu
  8. Gule-Gule
  9. Susuru

Namun, dari sembilan daftar makanan di atas, saya akan menjelaskan 5 saja, kenapa enggak semua? Terlalu banyak untuk di jelaskan (heheheh) mungkin lain kali bisa saya jelaskan dengan lengkap. Udahlah enggak usah lama-lama, berikut penjelasan 5 makanan khas Sulawesi yang saya jelaskan 😊

Penasaran dengan  Makanan Khas Wonosobo? Pasti Buat Kamu Ngiler...

Daftar Isi

Kasoami/Kasuami Khas Sulawesi Tenggara

Kasoami Khas Sulawesi Tenggara
Sumber : https://beritagar.id/

Makanan khas Sulawesi Tenggara yang pertama berasal dari Wakatobi dan Buton. Bagi warga Sultra mungkin Kasoami sudah umum didengar, namun masih banyak masyarakat yang belum menikmati rasa lezatnya makanan khas yang satu ini.

Kasoami berbahan dasar ubi atau singkong. Khusus di daerah Wakatobi, singkong yang digunakan bukanlah singkong yang umum terdapat di pasar-pasar tradisional.

Ubi di Wakatobi ini jika direbus ataupun digoreng tanpa melalui proses panjang dan lama bisa menyebabkan racun. Oleh sebab itu, untuk membuat kasoami ubi yang dipilih harus terlebih dahulu diolah. Sangat jauh berbeda dengan singkong pada umumnya yang bisa dengan mudah diolah langsung tanpa perlu fermentasi yang lama.

Cita rasa kasoami sangat enak jika dinikmati bersama dengan ikan asin, ikan kuah, ikan goreng, ikan perende, ikan bakar, ataupun tergantung selera Anda. Sayur bening juga bisa ditambahkan atau bisa juga dimakan sambil menikmati secangkir teh hangat.

Jika Anda kebetulan berada di Sultra, kasoami bisa dengan mudah didapatkan di pasar tradisional Kendari seperti Korem. Atau jika ingin melihat proses pembuatannya bisa pergi ke Pulau Buton atau Wakatobi.

Makanan Khas Sulawesi Tenggara, Kabuto

makanan khas sulawesi tenggara, kabuto
Sumber : https://ksmtour.com/

Makanan khas ini berasal dari Kabupaten Muna dan Buton yang terbuat dari ubi atau singkong. Proses pembuatan yakni ubi dibersihkan dulu lalu kemudian dibiarkan berjamur. Dibiarkan mengering dalam waktu lama karena dapat menambah cita rasa dan aroma saat disajikan.

Akan lebih lezat jika makanan ini disandingkan bersama kepala parut atau bahkan dengan lauk ikan goreng dan ikan asin.

Kabuto memiliki tekstur yang sangat kenyal tapi ada juga yang lembut seperti kue kering. Jika ingin menyantapnya, kamu harus rela berupaya lebih keras sebab biasanya penjual hanya menjualnya dalam bentuk ubi kering saja. Setelahnya, mungkin kamu bisa mengolahnya sendiri didampingi dengan koki yang ahli membuat kabuto.

Lapa-Lapa, Salah Satu Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Lapa-Lapa, Salah Satu Makanan Khas Sulawesi Tenggara
Sumber : https://fauzihisbullah.files.wordpress.com/

Makanan Sultra ini memiliki cita rasa yang gurih, akan lengkap jika lapa-lapa disantap bersama dengan ikan kaholeonarore (ikan asin). Dalam proses pembuatannya, lapa-lapa ini berbahan dasar beras yang dimasak bersama dengan santan. Saat setengah matang lalu diangkat dan didinginkan, kemudian direbus.

Tapi, sebelum direbus, dibungkus dulu dengan menggunakan janur kelapa yang masih muda. Dalam kehidupan masyarakat suku Muna, lapa-lapa ini biasanya dibuat menjelang hari raya umat Islam, misalnya pada lebaran idul fitri dan idul adha atau pada pembukaan puasa.

Waktu pembuatannya pun lumayan lama, sebab untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan cita rasa yang luar biasa enak. Termasuk mudah didapatkan, sebab banyak yang menjualnya di pasar tradisional. Di kota Kendari misalnya biasa dijajakan di Pasar Korem, terutama pagi hari.

Sinonggi Khas Sulawesi Tenggara

Sinonggi Khas Sulawesi Tenggara
Sumber : https://kasmiatiblog.files.wordpress.com/

Kali ini beranjak ke makanan khas suku Tolaki yang terbuat dari sari pati sagu. Suku Tolaki memiliki tradisi menyantap sinonggi bersama-sama yang bernama mosonggi. Bagi suku Tolaki, sinonggi merupakan makanan pokok yang saat ini telah tergeser maknanya dan bersaing dengan keberadaan nasi.

Adapun dalam proses pembuatannya, sinonggi tergolong unik dan berseni. Jika kamu tak tahu proses pembuatannya mungkin akan sulit untuk menikmati cita rasa aslinya.

Jadi, jika belum pernah menyantap dan membuat sinonggi maka ada baiknya berkunjung ke rumah makan di Kendari yang menyajikan makanan ini. Dijamin lidahmu akan dimanja dengan kelezatan dari sinonggi ini. Buktikan sendiri.

Sate Gogos Pokea Khas Sulawesi Tenggara

sate gogo khas sulawesi tenggara
Sumber : https://siskanurifah.files.wordpress.com/

Merupakan sate yang berbahan dasar kerang yang dapat dengan mudah ditemukan di kali Pohara, Kabupaten Konawe dan Asera, Konawe Utara. Baca juga makanan khas Sulawesi SelatanΒ dan makanan khas Sulawesi Tengah.

Nama pokea sendiri adalah sebutan masyarakat lokal untuk kerang. Sate kerang ini disajikan dengan menggunakan bumbu apa-apa (hanya berupa kerang rebus yang lalu ditusuk bambu). Terkadang disajikan seperti macam bumbu bacem manis. Sate pokea juga dibumbui dan berasa agak pedas.

Sangat mudah mendapatkannya sebab banyak yang menjualnya secara keliling, terlebih jika berkunjung ke tempat wisata. Karena rasanya yang unik dan ukuran kecilnya yang pas di mulut pasti akan membuatmu ketagihan sambil memandangi keindahan pantai Sultra.

Dari 5 penjelasan makanan khas Sulawesi Tenggara kamu penasaran sama yang mana? Heummm.. oh iya kamu juga bisa nitip oleh-oleh ke teman kamu yang lagi ada di Sulawesi Tenggara ini. Yaa mugkin ini sajah dari saya kurang danlebihnya ya mohon di maafkan 😊

Tinggalkan komentar