7+ Makanan Khas Sulawesi Yang Menggoda Lidah

Sulawesi merupakan sebuah pulau yang berada di belahan timur Indonesia. Yang terletak diantara pulau Kalimantan dan pulau maluku, tidak hanya itu kebanyakan penduduk dipulau ini kebanyakan dari suku bugis – makasar.

Kepulauan Sulawesi terkenal dengan keindahan alam yang sangat mempesona. Tidak heran banyak sekali para wisatawan yang mengunjungi wisata alam yang ada di Sulawesi.

Tidak hanya itu, di Sulawesi juga terkenal dengan kuliner yang konon mampu membuat lidah penikmatnya puas. Nah maka dari itu pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa makanan khas Sulawesi yang memiliki rasa yang bikin ketagihan.

Nah apa saja kah makanan tersebut, berikut beberapa daftar makanan khas Sulawesi yang sangat terkenal dengan kelezatanya.

1. Coto Makasar

Coto Makassar Makanan Khas Sulawessi
JPNN.com

Mungkin bagi kamu yang sering bolak balik ke kota makassar atau kamu yang merupakan orang Sulawesi sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Yang mana makanan ini sangat terkenal dengan kelezatan dan juga banyak penikmatnya. 

Oh iya coto makassar merupakan makanan yang terbuat dari jeroan sapi yang sudah dibersihkan dan sudah direbus lama. Coto makassar memiliki kuah yang berwarna kecoklatan yang mana sama seperti soto ataupun sayur pada umumnya. Dalam penyajian kuahnya juga terdapat beberapa irisan daging seperti daging sapi, hati, babat, dan jantung sapi.

Untuk bumbu coto makassar ini berbahan dari rempah khas Indonesia, yang mana seperti aroma dan rasanya yang khas dan lezat. Diantara bahanya yaitu jahe, serai, daun salam, lengkuas dan bawang merah, kemiri, bawang putih dan bahan lainya.

Coto makassar paling enak dinikmati dengan paduan antara coto dan ketupat. Seperti kebiasaan kebanyakan orang Sulawesi sendiri yang sering menyajikan coto makassar ini dengan campuran ketupat.

2. Sup Konro

Sup Konro Makanan Khas Sulawessi
unileverfoodsolutions.com

Sup konro merupakan sebuah sup yang berbahan dasar iga sapi yang direbus. Seperti sup pada umumnya terdapat daging yang dimasak dengan kuah. Dalam sup konro juga demikian, namun sup ini memiliki rasa yang sangat khas.

Iga sapi yang direbus lama membuat daging sapi menjadi empuk dan enak dimakan. Namun tidak hanya iga sapi saja yang disajikan pada sup tersebut, ada juga bagian daging lain yang dimasak bersamaan.

Sayangnya dalam memasak sup konro ini memerlukan waktu yang sangat lama sekali. Namun semua penantian itu akan sirna ketika kamu sudah mencicipi rasa sup konro yang satu ini. Rasa yang khas dari rempah pilihan yang di olah dan dimasak sebagai bumbu dari sup konro menjadikan rasa lezat dan nikmat yang luar biasa. Ditambah lagi daging sapi yang empuk, sehingga mampu untuk membangkitkan nafsu makan.

3. Konro Bakar Karebosi

Konro Bakar Makanan Khas Sulawessi
Sportourism.id

Makanan khas sulawesi yang satu ini pada dasarnya sama dengan sup konro, hanya saja dalam penyajianya berbeda. Dalam sup konro iga sapi direbus terlebih dahulu, sedangkan untuk konro bakar iga sapi di bakar terlebih dahulu.

Untuk kuahnya sendiri masih tetap sama dan menggunakan bumbu yang sama. Namun dalam penyajianya sangat berbeda. Daging iga yang sudah dibakar disajikan secara terpisah dengan kuah supnya.

Makanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang tidak suka dengan daging sapi rebus. Nah yang bikin heran adalah rasa konro bakar jauh lebih nikmat dari pada sup konro. Pastinya hal ini akan membuat kamu menjadi penasaran dengan rasanya bukan. Tenang karena jika kamu berkunjung ke makasar, kamu bisa menikmati makanan yang satu ini dampai kamu puas.

5. Pallubassa

Pallubassa makanan khas sulawessi
ResepKoki.id

Makanan yang satu ini bisa dibilang sudah tidak asing lagi, karena sangat mirip sekali dengan coto makassar. Dari segi bahan dasar hingga kuahnya, namun ada sedikit perbedaan dengan kuahnya. Pallubassa memiliki kuah yang berwarna kecoklatan yang diatasnya terdapat kuning telur.

Perbedaan keduanya juga terdapat pada penyajian dan cara menikmatinya. Jika coto makassar di makan dengan kupat, maka pallubassa dimakan dengan nasi. Terlebih lagi di pallubassa terdapat telur ceplok yang dihidangkan diatas kuahnya.

Perbedaan keduanya juga terdapat pada penyajian dan cara menikmatinya. Jika coto makassar di makan dengan kupat, maka pallubassa dimakan dengan nasi. Terlebih lagi di pallubassa terdapat telur ceplok yang dihidangkan diatas kuahnya.

6. Pallumara

Pallumara makanan khas sulawesi
cookpad.com

Masih membahas seputas sup terdapat juga sup yang memiliki rasa nikmat. Berbeda dengan pallubassa, Pallumara memiliki bahan dasar ikan segar. Sedangkan untuk pallubassa berbahan dasar usus sapi ataupun kerbau.

Mungkin bisa dibilang pallumara adalah ikan pindang, tetapi pada kenyataanya sama tapi beda. Dari segi bumbu yng digunakanya pun berbeda, nah ikan yang biasa digunakan dalam pembuatan pallumara ini adalah kan bandeng besar.

Mungkin bisa dibilang pallumara adalah ikan pindang, tetapi pada kenyataanya sama tapi beda. Dari segi bumbu yng digunakanya pun berbeda, nah ikan yang biasa digunakan dalam pembuatan pallumara ini adalah kan bandeng besar.

Tinggalkan komentar