Inilah 10 Daftar Makanan Khas Sunda Yang Lezat Dan Menggoda Lidah

Makanan Khas Sunda – Wilayah sunda adalah sebuah daerah yang sangat terkenal sekali dengan pemandangan dan kuliner nya. Yang mana banyak sekali makanan khas sunda yang bisa kita jumpai dengan rasa yang sangat lezat sekali. Selain itu juga banyak sekali varian jenis hidangan khas sunda yang akan membuat kamu ngiler. Lalu apa saja sih makanan khas sunda tersebut?, yuk langsung saja inilah makanan khas sunda, sebagai berikut!.

Makanan Khas Sunda Ini Yang Mampu Menggoda Lidah

1. Nasi Liwet Sunda

Nasi Liwet Sunda
sumber : youtube.com

Makanan khas yang satu ini sudah tidak asing lagi bukan, karena makanan yang satu ini sering sekali disajikan ketika ada acara kumpul-kumpul. Makanan yang satu ini biasa disajikan dengan didampingi ayam bumbu kecap yang identing memiliki rasa lezat sedikit manis, tidak hanya itu biasanya juga disajikan dengan rebusan telur, ikan teri dan tahu atau pun tempe.
Rasanya yang lezat saya yakin jika kamu menyantap makanan yang satu ini kamu akan ketagihan dengan rasanya. Terlebih lagi rasa ayam bumbu kecapnya yang manis lezat, sangat nikmat rasanya dan saya yakin akan membuat kamu ketagihan ketika memakannya.

2. Nasi Timbel

Nasi Timbel
sumber : GoodIndonesianFood.com

Jika kamu sering mampir ke rumah makan yang ada di pinggir jalan ketika kamu berkunjung bandung, pastinya kamu sering menemui makanan yang satu ini. Nasi timbel memang sedikit mirip dengan nasi liwet hanya saja, nasi timbel lebih tradisional dalam penyajiannya. Nasi timbel disajikan diatas wadah yang dilapisi daun pisang, tidak hanya itu nasi makanan khas sunda yang satu ini juga disajikan dengan potongan ayam dan di lengkapi dengan lalapan dan juga sambal.

Penasaran dengan  Fakta Unik Anak IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

3. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
sumber : KSMTour.com

Makanan khas sunda yang satu ini merupakan makanan yang terdiri dari nasi dan oncom. Oncom dalam artian bahasa indonesianya adalah olahan kedelai. Makanan yang satu ini berasal dari kota tasikmalaya yang sangat terkenal dan banyak yang meminati.
Jika kamu berkunjung ke tasikmalaya kamu pasti mudah untuk mendapatkan makanan yang satu ini karena banyak sekali restoran yang menyediakan makanan yang satu ini. Terlebih lagi banyak restoran yang menambahkan ikan asin, jeruk nipis dan makanan lain dalam hidangannya.

4. Karedok

karedok
sumber : Primarasa.co.id

Makanan khas sunda yang satu ini merupakan makanan yang dulu sangat tenar sekali dikalangan masyarakat. Karedok merupakan makanan yang berbahan dari sayuran mentah yang dipotong kecil kecil kemudian di sajikan dengan sambal karedok.
Untuk sambal karedok biasanya terbuat dari kacang yang di ulek dengan campuran cabai, bawang, garam dan bumbu lainnya yang kemudian di kasih sedikit air.

5. Lotek

Lotek
sumber : id.tesmende.com

Jika kamu pernah makan karedok pastinya kamu tahu dengan makanan yang satu ini. Karena pastinya orang yang menjual karedok pasti menjual lotek. Sekilas tentang lotek memang sama dengan karedok mulai dari bumbu, sambal dan bahannya pun sama. Akan tetapi hal yang membedakannya adalah karedok terbuat dari sayuran mentah sedangkan lotek terbuat dari sayuran matang yang sudah dimasak terlebih dahulu.

Penasaran dengan  Faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial

6. Soto Bandung

Soto Bandung
sumber : id.Tastemade.com

Jika kamu sering makan soto pastinya kamu sudah hapal dengan bahan yang ada pada soto bukan. Namun berbeda dengan soto bandung, dalam bahannya soto bandung terbuat dari daging sapi yang di potong kecil-kecil. Dan kuahnya juga bisa dibilang sedikit mirip dengan sayur sop.

7. Soto Mie

Soto Mie
sumber : Tastemade.com

Makanan khas sunda yang satu ini merupakan makanan yang sangat terkenal sekali. Campuran soto dan mie yang disajikan bersama memiliki cita rasa yang nikmat ketika di makan.
Kentalnya kaldu memanjakan lidah ketika menyantapnya, rasanya yang manis pedas mampu membangkitkan selera makan kamu. Apalagi ada potongan ayam dan sayuran yang disajikan dengan mie ini.

8. Sate Maranggi

Sate Maranggi
sumber : ramesia.com

Jika kamu suka dengan sate, kamu wajib mencicipi sate khas sunda yang satu ini. Memang pada umumnya banyak sekali sate khas madura yang terkenal. Namun jika kamu berkunjung ke daerah sunda kamu harus mencicipi makanan yang satu ini.
Pada dasarnya sate ini sama dengan sate pada umumnya, hanya saja bumbunya sangat beda dengan sate pada umumnya. Sate maragi menggunakan bumbu kecap saja. Sate maranggi merupakan sangat terkenal sekali dikalangan masyarakat sunda, dan merupakan sate favorit.

9. Empal gentong

empal gentong
sumber : magazine.job-like.com

Waw, makanan khas sunda yang stu ini merupakan makanan yang paling favorit dikalangan masyarakat. Sangat banyak sekali penggemar dari makanan khas yang satu ini. Empal gentong berbahan dasar dari daging sapi, usus, dan babat sapi, yang dimasak dengan bumbu racikan tradisional.
Dalam penyajian empal gentong ini dilengkapi dengan nasi atau pun lontong. Tak ketinggalan juga di temani dengan kucai, untung rasanya sendiri kamu harus mencoba makanan khas sunda yang satu ini. Rasa lezat dan nikmat ketika dimakan saya yakin kamu pasti akan ketagihan setelah menyantapnya.

Penasaran dengan  12 Foto Meme Seleberasi Cristiano Ronaldo ke Gawang Atletico Madrid

10. Kupat tahu

kupat tahu
sahabatnesia.com

Makanan ini sangat banyak sekali bisa kita temui di pinggir jalan, karena memang sangat banyak sekali orang yang menjual makanan khas sunda ini. Jangan ngaku sudah berkunjung ke kota sunda jika kamu belum mencicipi makanan yang satu ini.
Dulu makanan yang satu ini adalah makanan favorit saya waktu saya masih tinggal dibandung. Untuk rasanya memang pas dikantong tapi rasanya sangat nikmat sekali apalagi ketika sarapan pagi. Untuk penyajiannya sendiri kupat tahu terdiri dari kupat, tahu dan tambahan bahan lain yang disajikan dengan dilumuri sambal kacang yang nikmat.

Nah itulah beberapa daftar makanan khas sunda yang memiliki rasa sangat nikmat sekali. semoga bermanfaat

Satu pemikiran pada “Inilah 10 Daftar Makanan Khas Sunda Yang Lezat Dan Menggoda Lidah

Tinggalkan komentar