makanan khas tegal kupat glabed

Makanan Khas Tegal yang Mungkin Jarang Kamu Temui dan Cobain!

MAKANAN KHAS TEGAL – Tegal mempunyai banyak sekali makanan khasnya, nah kali ini kita akan sama – sama membahas makanan khas Tegal yang bisa kamu cicipi dan nikmati saat kamu berada di Tegal.

Emang apa saja sih makanan khas Tegal ?Nah, seperti yang kita ketahui Tegal memiliki makanan khas yang beraneka ragam, yang tentunya kamu juga bisa menikmati makanan khas Tegal ini di warung-warung Tegal yang hampir ada di semua tempat di Indonesia.

Warung ini biasa kita kenal dengan WARTEG yang memiliki kepanjangan warung tegal, disini kamu bisa menikmati makanan khas Tegal yang pastinya enak dan mengenyangkan.

Nah kalau kamu lihat di wikipedia terdapat 15 makanan khas Tegal, apa saja berikut penjelasannya

  • Teh poci
  • Kupat sambel tahu lengko Mbah Pa’ong
  • Mendoan
  • Sega lengko
  • Soto tegal
  • Kemronyos
  • Kupat Glabed
  • Kupat bongkok
  • Sate bebek majir
  • Sate blengong
  • Martabak Lebaksiu
  • Nasi ponggol
  • Nasi ponggol setan (pongset)
  • Sate tegal
  • Nasi bogana

Nah dari ke – 15 daftar du atas, saya akan menjelaskan beberapa saja dari 15 makanan khas Tegal, tersebut saya hanya akan menjelaskan beberapa saja, kenapa tidak semuanya, karena jika saya jelaskan semua membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Penasaran dengan  Berbagai Macam Manfaat, Khasiat dan Fungsi Cuka Apel Tahesta

Untuk itu saya, hanya menjelaskan beberapa saja makanan khas Tegal ini, mungkin dari beberapa makanan khas Tegal yang saya jelaskan, kamu sudah pernah mencicipinya. Atau bahkan makanan tersebut menjadi makanan khas Daerah kamu sendiri. Yuk simak berikut ini :

Makanan Khas Tegal Sega Lengko

sega lengko khas Tegal
https://wikimedia.org/

Sega dalam Bahasa Tegal artinya nasi yaitu sebuah makanan khas Tegal yang mempunyai rasa lezat dan cocok disantap pada waktu kapanpun.

Sega Lengko adalah nasi yang terdiri dari macam-macam lauk seperti misalnya tahu dan tempe yang dipotong kotak, kol, tauge, sambal kacang serta renyahnya kerupuk.

Karena kaya akan sayuran serta tahu dan tempe, makanan hemat ini kaya akan gizi, rendah kalori dan juga berprotein tinggi.

Walaupun di kota lainnya di sekitar Pantura memiliki olahan yang serupa dengan sega lengko, namun makanan khas Tegal ini wajib kamu coba jika berkunjung ke sana.

Kuliner Khas Tegal Kemronyos

Kuliner Khas Tegal Kemronyos
Sate Kemronyos

Namanya unik bukan? Ya, kemronyos adalah sate khas Tegal yang dibuat dari daging kambing. Menu ini menjadi menu favorit masyarakar Tegal karena bumbunya yang unik dan cara membakarnya yang berbeda.

Penasaran dengan  Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar

Berbeda dari sate kebanyakan yang dibakar dengan menggunakan bumbu, kemronyos dibakar tanpa bumbu! Itulah alasannya mengapa kuliner ini benar-benar khas daging kambing. Malam hari adalah waktu yang pas untuk menyantap sate ini ditambah dengan seporsi nasi serta sambal dan acar.

Minuman Khas Tegal Teh Poci

minuman khas tegal teh poci
https://wikimedia.org/

Tahukah kamu kalau Kota Tegal adalah daerah yang mempunyai banyak perkebunan teh dan juga salah satu penghasil teh terbaik di Indonesia.

Maka tak salah jika salah satu minuman khas Tegal berbahan dasar teh dengan jenis teh poci. Teh poci ialah teh asli daerah Tegal yang cara penyajiannya menggunakan pocidari tanah liat. Biasanya ditambahkan gula batu agar rasanya manis.

Jika kamu orang Tegal pasti kebiasaan minum teh poci sering dilakukan mengingat ini merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang Orang Tegal.

Olahan Khas Tegal Kupat Bongkok

makanan khas tegal kupat bangkok
https://wikimedia.org/

Makanan khas Tegal berikutnya yang tak kalah lezat bernama Kupat Bongkok. Olahan ini biasa dicari ketika musim mudik tiba karena biasa disantap bersama keluarga tercinta. Olahan berbahan dasar tempe yang dibusukkan (tempe semangit atau tempe bosok) ini harganya sangat terjangkau.

Meskipun harganya murah, tempe yang digunakan memiliki kualitas yang baik karena meskipun sudah dibusukkan selama 3 hari rasanya malah lebih enak.

Penganan Khas Tegal Nasi Bogana

nasi bogana khas Tegal
http://nasikentjana.com/

Jika dilihat dari gambarnya, sekilas mirip dengan nasi rames. Ya, memang mirip sih, namun nasi bogana terdiri dari nasi putih yang lauknya bermacam-macam seperti kari ayam, opor ayam, telur pindang, dendeng, oseng tempe atau buncis, dan ditambah taburan bumbu serundeng.

Penganan khas Tegal ini disajikan menggunakan daun pisang sehingga menambah kesan alami dan tentu rasanya pun semakin nikmat. Nasi Bogana banyak ditemui di tempat wisata di Tegal, bahkan saat ini sudah merambah ke berbagai restoran-restoran mewah sebagai salah satu menu istimewa.

Masakan Khas Tegal Kupat Glabed

makanan khas tegal kupat glabed
https://wisnuwidiarta.files.wordpress.com/

Makanan khas tegal berikutnya adalah Kupat Glabed. Warung makan di depan Stasiun Kota Tegal adalah salah satu yang menyediakan menu ini dan sudah sangat tersohor di seluruh Tegal.

Soal rasa jangan ditanya.Meskipun namanya terdengar aneh namun kupat glebed sangat banyak diburu pembeli. Apalagi jika anda baru menempuh perjalanan jauh memakai kereta. Menyantap kupat Glabed persis di depan stasiun adalah sebuah kenikmatan tersendiri.

Makanan ini terdiri dari ketupat yang dipotong kecil lalu diberi tempe goreng, kerupuk serta taburan bawang goreng.Terakhir, disiram dengan kuah khusus yang disebut kuah glabed (kental). Bagi yang menyukai pedas, bisa ditambah dengan sambal dan bisa juga ditambah dengan menu andalannya yaitu sate ayam dan sate kerang.

Gimana, dari beberapa penjelasan mengenai makanan khas Tegal yang ada diatas, apa yang menurut kamu paling enak dan paling sering kamu makan.

Pastinya nih kalau kamu makan,makanan khas Tegal langsung di Kota Tegalnya, maka akan merasakan yang berbeda.

Nah, mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang makanan di Indonesia khususnya yang tradisional-tradisional ini. Dan pastinya makanan khas Tegal ini tidak kalah enak dengan makanan luar negeri.

2 pemikiran pada “Makanan Khas Tegal yang Mungkin Jarang Kamu Temui dan Cobain!

Tinggalkan komentar