tu'tuutan khas toraja

12 Makanan Khas Toraja Sulawesi Selatan

Makanan Khas Toraja – Kamu tahu Toraja ada di pulau apa? kalau kamu sudah baca judul pastinya kamu sudah tahu dong. ya Toraja adalah salah satu kota yang berada di Sulawesi Selatan. Toraja terkenal dengan sukunya yang masih memegang erat dengan tradisi dan budayanya.

Banyak sekali tradisi nenek moyang yang masih ada sampai saat ini, bukan hanya memegang budaya yang erat saja, Toraja juga memiliki keindahan alam dan lain sebagainya yang masih jarang diketahui bayak orang. Namun tahuka kamu tentang makanan khas Toraja?

Nah kali ini saya akan menuliskan makanan khas Toraja yang pastinya unik dan jarang kamu temui atau bahkan kamu belum pernah memakan-makanannya. Karena kepercayaan yang dianut berdasarkan nenek moyang, jadi makanan tradisional juga masih beranekaragam.

Perlu diingat bahwa yang akan saya tulis ini bersifat informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda dengan masakan khas di indonesia khususnya toraja. Saya juga meminta maaf jika ada beberapa makanan yang memang diperuntunkan untuk non muslim.

Pantollo Lendong (Belut)

patollo lendong belut
sumber : disiniaja.net/

Pantollo Lendong (Belut) adalah masakan khas Toraja yang bahan dasarnya belut, dimasak dengan pamarasan (rawon) yang dicampur dengan rempah-rempah khas toraja. Makanan ini biasanya disajikan dalam acara-acara adat masyarakat Toraja.

Pantollo’ Duku (Babi)

Pantollo’ Duku ( Daging Babi) Pantollo Duku  sama halnya dengan pantollo lendong yang menggunakan daging babi sebagai bahan pokok, diolah dengan pamarasan (rawon) kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu khas toraja termasuk lombok katokkon yang terkenal akan pedasnya.

Penasaran dengan  7 Kumpulan Video Paling Sedih (Perjuangan dan Kasih Sayang Seorang Ayah) Hebat Kalau Engga Nangis

Pantollo Bale (Ikan)

Pantollo Bale (Ikan) Hampir sama dengan pantollo lendong dan duku, yang membedakan adalah bahan dasar yang digunakan yakni ikan. Masakan ini biasanya hanya mengunakan ikan mas sebagai bahan utamanya, meski  tidak menutup kemungkinan menggunakan ikan lain seperti ikan Tongkol.

Pa’Piong

pa'piong manuk
sumber : disiniaja.net/

Maknan khas toraja ini adalah makan yang dimasak  mengunakan bambu biasa dihidangkan dengan sayur bulunangko (mayana) dan bisa juga menggunakan Burak ( pohon pisang ) yang masih muda. Menu makanan Pa’piong dibagi dalam beberapa macam sesuai dengan bahan baku dasar pembuatannya

Pa’piong Bale adalah ikan yang dimasak menggunakan bambu dengan dicampurkan dengan rempah tertentu. Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan mas yang dicampur dengan daun bulunangko (mayana). Pa’Piong Bai (Babi) adalah masakan khas toraja yang terbuat dari daging babi dicampur dengan sedikit rempah-rempah bersama dengan lombok katokkon (cabe asli toraja) dimasak menggunakan bambu hingga matang.

Pa’ Piong Manuk (Ayam)  adalah masakan khas toraja dengan bahan dasar dari daging ayam. Cara peolahan dengan menu sebelumnya yakni dimasak menggunakan bambu. Daging ayam dicampur dengan daun mayana  dan bumbu lalu bisa ditambahi dengancabe rawit atau lombok katokkon.

RW Pa’tong atau PA’TONG

RW atau Tarki adalah makanan khas toraja yang terbuat dari daging anjing yang dimasak menggunakan berbagai macam bumbu dan rempa pilihan.

Yang membedakan masakan Pa’tong dengan menu lainnya adalah cara memsaknya dan bumbu-bumbu yang digunakan. Pa’tong terkenal dengan cita rasa pedasnya yang luar biasa karena menggunakan cabe rawit dan lengkuas sebagai bumbu pokoknya.

Makanan ini hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu dan bisa dibilang harganya lumayan mahal untuk wilayah diluar toraja. Meskipun ini merupakan makanan yang khas bagi orang toraja nyatanya tidak semua orang toraja makan makanan ini entah karena alasan apa.

Penasaran dengan  Makanan Khas Majalengka Jawa Barat

Tu’tuk Utan Khas Toraja

tu'tuutan khas toraja
sumber : disiniaja.net/

Jika di bahasa indonesiakan Tu’tuk adalah tumbuk sedangkan utan adalah sayur jadi bisa dikatakan sayur tumbuk atau tumbuk sayur. Sayur yang digunakan adalah daun singkong.

Ini merupakan masakan khusus karena bahan dasar untuk membuat makanan ini adalah daging babi selain itu tu’tuk utan di toraja dimasak kering tidak seperti di daerah lain yang kebanyakan menggunakan kuah.

Makanan Khas Toraja Pokon

Merupakan salah satu makanan tradisional khas toraja yang biasanya disajikan pada acara-acara syukuran atau ibadah. Pokon memiliki bentuk tidak jaug beda dengan lontong, yang membedakannya adalah bahan, ukuran dan bungkusnya.

Makanan ini berbahan dasar beras ketan biasaya ketan hitam yang dicampur dengan kelapa parut kemudain dibungkus dengan menggunakan daun bambu.

makan Pokon ini biasanya dihidangkan dengan kopi dan teh, hingga saat ini belum ditemukan pokon yang dijual. Itulah beberapa info tentang masakan khas toraja yang dapat kami bagikan. mohon maaf apabila ada sebagian makanan yang memang  diperuntunkan khusus untuk non muslim.

Masakan Palopo Khas Toraja

makanan khas toraja palopo
sumber : disiniaja.net/

palopo merupakan makanan khas toraja yang bahan dasarnya yaitu tepung sagu yang disiram dengan air panas. lalu dibentuk bulat-bulat dan dimasukan ke dalam kuah ikan atau daging, dan sayuran.

Kapurung Makanan Tradisional Toraja

Makanan kapurung merupakan makanan khas Toraja yang sangat terkenal. Makanan yang berbahan dasar sayuran, ikan dan sagu ini sangat nikmat dan juga bergizi. Sayuran yang terdapat dalam kapurung ini beragam dan bergizi, diantaranya ada sayur bayam, kacang panjang, kangkung, ontong jantung pisang dan labu merah yang masih muda.

Selain sayuran, bahan lain yang terdapat dalam makanan ini yaitu ikan bandeng, ikan teri goreng, kemudian ditambah dengan sagu yang dimasak lezat.

Penasaran dengan  Aneh? 9 Makanan Khas Bangka Belitung Ini!

Pangrarang (Sate)

sate pangrarang toraja
sumber : disiniaja.net/

Makanan yaitu makanan sate khas toraja. Bedanya dengan sate hanya pada bumbunya. Di Toraja makanan ini hanya diberi sedikit garam saja kemudian dibakar di atas bara. Setelah matang, sate dimakan dengan cabe ulek diberikan sedikit perasan jeruk nipis.

Deppa Tori Khas Toraja

Deppa dalam bahasa Indonesia yaitu kue. Untuk makanan deppa ini adalah makanan oleh-oleh khas Toraja. Makanan yang berbahan dasar tepung beras, banyak dijual di tempat-tempat wisata dan terminal bus.

Kuliner Khas Toraja Kririk

Mirip dengan makanan Pokon, yang membedakannya yaitu daun yang dipakai untuk membungkusnya yaitu daun aren yang masih muda. Makanan kririk juga biasa disuguhkan dalam upacara pengucapan syukur selesai panen.

Itulah dua belas makanan khas Toraja yang halal dan haram, jadi kamu bisa tahu makanan apa saja yang bisa kamu konsumsi dan mana yang tidak. Gimana enak-enak bukan, jadi misalkan kamu berkunjung ke kota Toraja jangan sampai lupa ya untuk menikmati makanan khas nya ini.

Tinggalkan komentar