Beuh,,, Makanan Khas Wonogiri yang Menantang Untuk di Taklukan!!!

Makanan Khas Wonogiri – Wonoogiri adalah salah satu Kabupaten yang yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Ibu Kota Wonogiri terdapat di Kecamatan Woonogiri. Wonogiri mempunyai kuliner, jajanan, minuman yang khas dan beda dari daerah lainnya.

Kalau kamu berkunjung ke Wonogiri jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khasnya, karena kalau kamu sudah merasakan nya kamu tidak akan pernah melupakan rasanya. Ada juga makanan khas yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang, berikut adalah makanan khas Wonogri.

Makanan Khas Wonogiri Nasi Tiwul

nasi tiwul makanan khas wonogiri
sumber : http://www.tokomesin.com/

Nasi tiwul adalah makanan khas Wonogiri dan sudah diakui oleh banyak kota di Jawa Tengah, makanan yang terbuat dari singkong yang dikeringkkan lalu ditumbuk ini mempunyai rasa manis yang khas. Singkong yang berwarna coklat dan rasanya yang manis menjadi daya tarik tersendiri makanan khas yang satu ini.

Buat kamu yang baru pertama kali memakan tiwul perut akan terasa panas, tapi untuk menangkalnya kamu dapat menjadikan tiwul sebagai laukan yang pastinya nasi putih sebagai makanan pokoknya. Banyak warung di Wonogiri yang menjajakan nasi tiwul sebagai menu utama.

Makanan Khas Wonogiri Cabu

makanan khas wonogiri cabuk
sumber : http://birohumas.jatengprov.go.id/

Cabu merupakan makanan yang perlu dan wajib kamu coba ketika kamu berkunjung ke Wonogiri, kenapa? Karena makanan khas Wonogiri yang satu ini memiliki rasa yang berbeda dan belum banyak yang menjajakan apalagi di luar Wonogiri.

Cabuk sendiri adalah makanan yang dibuat dengan biji wijen yang dikolaborasikan dengan merang padi yang dibakar, warna hitam yang ada pada cabu berasal dari merang padi yang dibakar. Cabu harus dibakar terlebih dahulu sebelum disantap, lapisan yang menggunakan daun pisang, menambah rasa bakar di cabu.

Pindang Kambing Khas Wonogiri

makanan khas wonogiri pindang kambing
sumber ; https://dentistvschef.files.wordpress.com/

Pidang Kabing adalah dua makanan yang berbeda namun disatukan, pindang kambing menjadi salah satu makanan khas Wonogiri karena makanan pindang kambing ini keberadaanya sudah ada sejak dahulu. Pindang mempunyai bahan utama tepung daplek.

Kambing yang dimaksud adalah kikil dan jeroan kambing, kamu tidak akan menemukan potongan daging kambing ini, meskipun namanya adalah pindang kambing. Pembungkus makanan ini adalah daunjati, tampilannya memang kurang menarik, tapi rasanya beuh.. jangan ditanya!

Jangan Lombok Ijo Khas Wonogiri

jangan lombok ijo khas wonogiri
sumber : https://sembrethhh.files.wordpress.com/

“Jangan” pada bahasa Jawa yang memiliki arti sayur, lombok ijo adalah cabai keriting yang berwarna hijau. Jadi kalau di artikan ke bahasa Indonesia jangan lombok ijo adalah sayur cabai keriting, yahh kurang lebih seperti itu.

Jangan Lombok Ijo sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Wonogiri sejak zaman dulu. Sayur Lombok Hijau ini biasanya disajikan pada saat waktu makan siang maupun makan malam. Tidak sedikit juga yang menjadikan sayur ini sebagai salah satu menu favorit dalam berbagai acara. Misalnya acara pernikahan, khitan, Aqiah, dan lain sebagainya.

Makanan Khas Wonogiri Ayam Panggang

ayam panggang wonogiri
sumber : http://resepmasakankue.com/

Siapa yang tidak kenal dengan ayam panggang, makanan yang banyak dijadikan sebagai favorit ini merupakan makanan khas Wonogiri juga loh. Belum lengkap rasanya kalau kamu berwisata ke Wonogiri tapi belum mencoba ayam bakar Wonogiri.

Penyajian ayam bakar di lengkapi dengan, urap sayur bumbu kelapa, sambal dadak, dan beraneka jus yang pastinya akan menambah hawa nafsu makan. Di Wonogiri sendiri ada warung yang populer akan ayam bakarnya yang enak dan aromanya yang khas, yaitu warung Mbok Tiyem yang ada di daerah Jatisrono.

Makanan Khas Wonogiri Wader Goreng

wader goreng khas wonogiri
sumber : http://www.blogwisata.com/

Kalau kamu berkunjung ke Waduk Gajah Munkur di Wonogiri, disanah kamu akan menemukan menu makanan yang wuenakk, yaitu wader goreng. Sebenarnya makanan ini bukan menjadi makanan khas Wonogiri, tapi karena warga Wonogiri banyak menyukainya jadilah makanan khas Wonodiri.

Wader adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar dan perairan yang jernih. Nah kalau kamu sedang berwisata ke Waduk Gajah Munkur jangan sampai lupa untuk menikmati wader goreng ini, karena akan menambah seru liburanmu di Kabupaten Wonogiri.

Lentho Kuliner Khas Wonogiri

Kamu pasti sudah pernah memakan makanan ini dong, tahu namanya? di Jawa kuliner ini terkenal dengan sebutan lentho. Ya maakanan yang terbuat dari olahan kacang tholo dan singkon ini menjadi makanan yang populer di Wonogiri.

Biasanya lentho di jual pada pagi hari, karena tidak jarang yang menjadikan lentho sebagai tambahan sarapan sebelum beraktifitas. Kamu tahu engga ternyata letho adalah kuliner yang sudah ada sejak zaman dulu loh.

Minuman Khas Wonogiri Es Degan

minuman khas wonogiri es degan
sumber : http://www.kulinerenak.com/

Tidak hanya makanan saja, Wonogiri juga memiliki minuman khas nya, yaitu es degan. Es degan memang menjadi minuman favorit masyarakat Wonogiri. Kabupaten Wonogiri yang berada di dataran rendah dan sinar matahari yang selalu menghangat kan tubuh menjadikan es degan disukai banyak orang.

Es degan sangan pas dan cocok diminum ketika siang hari atau panas terik matahari sedang naik. Es degan atau yang lebih dikenal dengan es kelapa ini, bisa kamu temui di warung makan yang ada di Wonogiri yang tentunya dengan harga yang pas sama isi dompet kamu.

Besengek Makanan Tradisional Wonogiri

Besengek menjadi makanan tradisional Wonogiri, besengek sendiri adalah makanan yang berbahan utama tempe kara. Kalau kamu penasaran dengan rasa dan tampilan dari besengek kamu langsung aja datang ke pasar tradisional yang berada di Kecamatan Mayaran.

Dalam hidangannya kamu akan menemui tempe kara ini di bungkus dengan daun jati dan sangat cocok dengan lalapan cabe rawit. Tidak jarang juga besengek dijadikan lauk dan sayur nasi tiwul, harga yang di bandrol juga sangan murah, yaitu sekitar 3.000 rupiah.

Oleh-oleh Khas Wonogiri Geti

oleh-oleh khas wonogiri geti
sumber : http://www.tulungagungtourism.com/

Kalau kamu ingin membawa bukti bahwa kamu telah berkunjung ke Wonogiri tidak usah pusing apalagi stres mau bawa oleh-oleh apa. Kamu bisa membeli Geti, yaitu salah satu makanan khas Wonogiri yang dibuat dari gula jawa, jahe, dan wijen.

Geti juga bisa dijadikan cemilan dan bekal saat kamu berpergian, jangan takut makanan ini basi, karena geti adalah makanan khas Wonogiri yang dapat bertahan lama meskipun tanpa pengawet. Harga nya juga cukup murah, jadi kamu bisa beli geti dan membagikannya kepada teman, saudara, dan tetangga.

Jajanan Khas Wonogiri Emping

Kamu pasti tahu dong emping, ternyata emping menjadi makanan yang populer juga loh di Wonogiri. Emping ini terbuat dari biji melinjo yang dihancuran dan di jemur di bawah terik sinar matahari hingga benar-benar kering dan keras.

Sebenarnya kamu dapat membuat emping ini dengan bahan selain melinjo yang penting bahan tersebut mengandung bahan pati. Emping berbeda dengan kerupuk, meskipun begitu emping juga bisa dijadikan sebagai pengganti kerupuk.

Kacang Mede Cemilan Khas Wonogiri

jajanan khas wonogiri kacang mede
Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain Geti cemilan sekaligus oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Wonogiri adalah kacang mede. Kacang mede adalah kacang yang terbuat dari biji jambu mede yang sudah dikeringkan sebelumnya.

Kamu pasti pernah nyobain dan menikmati rasanya kacang mede saat lebaran bukan? pasti rasanya nagih deh. Selain enak kacang mede juga mempunyai kandungan zat besi yang banyak, jadi sehat untuk di konsumsi.

Kamu tahu engga pada tahun 2002 di Kabupaten Wonogiri terdapat lahan jambu mede dengan 20K hektar dan lahan ini merupakan lahan terbesar yang ada di Jawa Tengah. Dengan lahan yang luasnya seperti ini bisa Kabupaten Wonogiri bisa memproduksi kacang mede sebanyak 3.456 ton.

Nah, itu tadi oleh-oleh, minuman, dan makanan khas Wonogiri yang enak dan murah, gimana sudah tertarik untuk mencobanya? Oh, iya selain makanan khas Wonogiri kamu juga bisa baca makanan khas Tuban dan makanan khas lainnya pada artikel ini, jangan lupa share ya,, kalau kamu bangga jadi anak Wonogiri.

Penasaran dengan  Makanan Khas Sulawesi Tenggara

Tinggalkan komentar