7 Makanan Khas Yogyakarta Yang Menggoda Dan Murah

Yogyakarta atau sering disebut jogjakarta adalah kota yang dijuluki dengan nama kota pelajar. Yang mana memang benar banyak sekali pelajar atau mahasiswa yang belajar dikota ini. Tidak hanya pelajar lokal saja, pelajar dari semua daerah pun banyak yang menuntut ilmu di kota ini.

Tidak hanya itu saja kota jogja merupakan kota yang memiliki banyak sekali makanan khas yang menggoda lidah. mungkin bagi kamu yang pernah belajar di kota yang satu ini pastinya kamu sudah mencicipi semua makanan khas yogyakarta. Makanan yang terkenal dikota jogja adalah gudeg, ya makanan yang satu ini merupakan makanan favorit orang jogja sendiri.

Ngomongin makanan khas yogyakarta, sebenarnya apa saja sih makanan yang wajib dicoba. Nah untuk itu yuk simak berikut daftar makanan khas jogja yang banyak menarik perhatian publik.

1.  Gudeg

gudeg
goodindonesianfood.com

Gudeg adalah makanan yang banyak sekali menarik perhatian, makanan yang satu ini merupakan makanan yang paling banyak diminati. Namun bagi kamu yang baru pertama mencicipi makanan ini, mungkin akan sedikit tidak suka. Gudeg memiliki rasa manis yang dominan dibanding rasa yang lain.

Berdasarkan jenisnya gudeg ini memiliki 3 jenis yaitu, gudeg basah, gudeg manggar dan gudeg kering. Gudeg basah dab manggar biasanya paling enak dinikmati dengan nasi, sedangkan gudeg kering paling cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Krecek

krecek
youtube.com

Krecek merupakan sebutan untuk sambal khas yogyakarta yang paling banyak diminati. Sambal krecek paling enak dinikmati dengan gudeg, apalagi ditambahkan nasi pastinya akan menambah selera makan. Rasa pedas gurih dicampur rasa manis akan bersatu menjadi sebuah kenikmatan yang bisa membuat kamu ketagihan.

3. Oseng-Oseng Mercon

Oseng Mercon
resepkoki.com

Makanan khas yogyakarta yang satu ini merupakan makanan yang memiliki rasa sangat pedas. Mungkin dari namanya saja kamu sudah tahu dengan maksud dari makanan yang satu ini. Benar saja oseng-oseng mercon merupakan masakan oseng yang dicampur dengan cabai yang sangat banyak.

Bagi kamu yang baru pertama menikmati makanan yang satu ini pasti kamu akan kepedasan. Bahkan mungkin kamu tidak akan mau memakanya lagi, namun bagi kamu yang suka makanan pedas makanan yang satu ini patut kamu coba.

4. Nasi Tiwul

Nasi tiwul
KSMTour.com

Nasi tiwul merupakan makanan khas yogyakarta yang terbuat dari tebung singkong yang sudah dikeringkan. Makanan yang satu ini adalah makanan khas gunung kidul yang dulunya menjadi makanan pokok masyarakat jogja. Makanan yang memiliki banyak sejarah ini ternyata masih sangat banyak dijual di yogyakarta. Nasi tiwul memang makanan yang sampai saat ini sangat banyak digemari oleh semua kalangan, apalagi saat berkunjung kegunung kidul.

5. Gatot khas jogja

gatot
Gemmazani.blogspot.com

Gatot bukanlah otot kawat tulang besi, melainkan makanan khas jogja yang terbuat dari singkong. Sepertihalnya dengan tiwul, akan tetapi perbedaan keduanya adalah dari cara penyajian dan pembuatannya. Gatot sendiri berbahan dari potongan singkong yang dikeringkan dan setelah kering barulah gatot dimasak. Sedangkan tiwul dibuat dari singkong yang sudah diubah menjadi tepung.

6. Bakmi Jogja

bakmi jogja
njogja.co.id

Jika kamu suka makan mie, nah di yogyakarta juga ada sebuah mie yang memiliki rasa lezat loh. Yap, namanya adalah bakmi, makanan ini sangat banyak sekali digemari oleh semua orang kususnya para pelajar. Makanan khas yogyakarta yang satu ini memang sangat menarik perhatian para wisatawan dengan rasanya yang lezat.

Jika kamu berkunjung ke kota jogja, kamu harus mencicipi makanan yang satu ini nih. Rasanya yang lezat bisa membuat kamu ketagihan saat memakannya.

7. Geplak

geplak
dutawisata.co.id

Geplak merupakan makanan yang sangat terkenal di yogyakarta, banyak sekali para pengunjung sebagai oleh-oleh. Makanan yang satu ini memiliki bentuk bulat seperti bakso, hanya saja geplak memiliki warna yang beragam. Ada warna biru, merah dan warna lainya yang bercampur menjadi satu. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang manis sehingga sangat cocok jika disajikan sebagai menu sarapan pagi.

Tinggalkan komentar