Manfaat Rutin Mengonsumsi Buah Untuk Kesehatan

Apa saja manfaat buah untuk kesehatan? Untuk menikmati buah dengan cara yang berbeda dan tidak membosankan, Anda bisa mencoba cara membuat salad buah.

Apakah Anda rutin mengonsumsi buah setiap hari? Tidak sedikit orang yang masih mengabaikan kebiasaan baik ini. Alasannya bermacam-macam, mulai dari tidak suka dengan rasanya, belum menyadari manfaatnya, atau memang tidak memiliki bujet khusus untuk membeli buah. Padahal, buah-buahan memiliki beragam kandungan gizi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, supaya Anda semakin bersemangat untuk mengonsumsi buah, ketahui terlebih dahulu apa saja manfaatnya bagi kesehatan.

Apel untuk mencegah kanker

Manfaat buah apel
sumber gambar : https://www.duniaq.com/

Pernahkah Anda mendengar peribahasa, “An apple a day keeps the doctor away” yang berarti bahwa mengonsumsi sebutir apel setiap hari akan membuat tubuh lebih sehat. Hal ini karena apel memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan.

Tubuh pun akan jarang sakit dan tidak perlu berobat ke dokter. Apel adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Rutin mengonsumsi apel disebut dapat menurunkan risiko kanker kolorektal, kanker paru-paru, kanker payudara, dan beberapa jenis kanker lainnya.

Manfaat lainnya adalah mengurangi dampak penuaan terhadap tubuh, terutama sel saraf. Antioksidan pada kulit apel ternyata dapat membantu memori tetap berfungsi dengan baik.

Pisang untuk melawan stress

Manfaat buah pisang
sumber gambar : https://pontas.id/

Jika Anda sedang stres atau tertekan, konsumsilah buah pisang. Buah ini memiliki kandungan asam amino yang disebut triptofofan. Triptofofan dan vitamin B6 yang ada di dalam pisang berfungsi untuk merangsang produksi serotonin. Hormon ini bertugas untuk menciptakan sensasi senang serta dapat memperbaiki mood.

Karena itu, dengan mengonsumsi pisang, tubuh akan terasa lebih relaks. Bukan hanya itu, pisang juga mengandung resistant starch, sejenis karbohidrat yang dapat memberikan efek mengenyangkan bersama dengan serat pektin. Tak heran jika pisang pun sangat cocok untuk program diet.

Stroberi dapat mencegah serangan jantung

Manfaat buah stroberi
sumber gambar : https://assets.pikiran-rakyat.com/

Jenis buah lainnya yang baik untuk kesehatan adalah stroberi. Buah berwarna merah dengan bentuk yang unik ini mengandung senyawa antosianin. Senyawa ini ampuh untuk mencegah serangan jantung, terutama pada wanita muda dan dewasa.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan jurnal Circulation, makan 3 buah stroberi per minggu akan menurunkan risiko terkena serangan jantung. Anda bisa mengonsumsi stroberi dengan cara memakannya langsung.

Buah ini juga dapat diolah menjadi bahan salad buah. Membuat salad buah tidak telalu sulit. Pengolahannya cepat dan rasanya juga enak. Jika belum mengetahui caranya, Anda bisa melihat cara membuat salad buah di artikel ShopBack.

Melon mencegah penuaan kulit

Manfaat buah melon
sumber gambar : https://katabunda.com/

Salah satu khasiat buah melon adalah dapat mencegah penuaan kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan kolagen yang ada di dalam melon. Kolagen sangat bermanfaat untuk mempertahankan kekencangan kulit.

Selain itu, kolagen juga dapat menghaluskan serta membuat kulit terhidrasi dengan baik. Ada pula vitamin A, B, dan C yang membuat kulit lebih sehat dan tampak segar. Melon juga dapat menjadi bahan untuk membuat salad buah.

Ada banyak restoran atau tempat makan yang memiliki menu ini. Jika ingin membuatnya sendiri, cara membuat salad buah bisa Anda variasikan dengan menambahkan berbagai buah yang disukai.

Pepaya dapat melancarkan pencernaan

Manfaat buah pepaya
sumber gambar : https://samudrabibit.com/

Pepaya adalah buah yang mudah didapatkan. Pepaya juga memiliki rasa yang manis. Cara mengolah pepaya sama seperti buah lainnya, yaitu dimakan langsung atau dijadikan juice.

Salah satu manfaat pepaya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya, pepaya memiliki kandungan serat yang tinggi. Manfaat pepaya lainnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit jantung, mengurangi peradangan, menyehatkan tulang, serta sebagai cadangan energi.

Pohon pepaya pun mudah ditanam sendiri sehingga Anda dapat mengonsumsinya tanpa harus mengeluarkan uang.

Kiwi membuat kualitas tidur lebih baik

Manfaat buah kiwi
sumber gambar : https://www.babatpost.com/

Jika Anda sulit tidur dengan nyenyak pada malam hari, makanlah buah kiwi. Buah dengan tekstur unik ini ternyata bermanfaat untuk mencegah insomnia. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi 2 buah kiwi satu jam sebelum tidur bisa tidur lebih lama.

Hal ini diduga terjadi karena kandungan antioksidan dan serotonin yang tinggi pada buah kiwi. Serotonin memang merupakan salah satu hormon yang dapat mempercepat tidur.
Anda bisa membeli kiwi di pasar atau supermarket.

Saat berbelanja, manfaatkan promo dari ShopBack untuk mendapatkan cashback sehingga Anda pun bisa lebih menghemat anggaran berbelanja. Selain hemat, Anda pun menjadi lebih sehat setelah mengonsumsi buah-buahan segar.

Nah, inilah sejumlah buah serta manfaatnya bagi kesehatan. Selain rutin, lebih baik lagi jika Anda mengonsumsinya secara bergantian sehingga kandungan gizi di dalamnya bisa didapatkan secara merata.

Supaya manfaatnya semakin optimal, Anda pun disarankan untuk makan buah 1 jam sebelum makan. Selamat menjaga kesehatan tubuh!

Tinggalkan komentar