pengertian dan contoh proposal kegiatan

Pengertian dan Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus

Apa itu Proposal?

Pengertian dan Contoh Proposal – Proposal biasanya indentik dengan surat pengajuan dana untuk suatu kegiatan atau surat pengajuan terhadap seponsor, sebenarnya proposal memiliki arti lebih dari itu. Untuk itu kali ini kita akan bersama-sama membahas pengertian dan contoh proposal kegiatan yang baik dan benar.

Pengertian Proposal

Proposal adalah suatu rancangan kegiatan yang akan berlangsung dalam bentuk tulisan dengan sistematis dan terperinci, proposal dibuat untuk memdapatkan persetujuan pihak lain, bisa juga dibuat untuk permohonan dana bantuan yang nantinya akan ada kerja sama antara pihak yang mengajukan proposal dan piha yang memberi bantuan.

Menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) proposal memiliki arti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan. Intinya proposal adalah sebuah rancangan yang dibuat untuk suatu kegiatan, baik itu seminar, perlombaan, atau kegiatan lainnya agar rencana yang sudah dibuat akan berjalan dengan baik sesuai yang tertulis dalam proposal.

Penasaran dengan  10 Permainan Dalam Ruangan Untuk Semua Kalangan ( Ice Breaking )

Tujuan Proposal

Proposal bertujuan untuk memperoleh izin dan persetujuan dari pihal lain tentang rancangan yang akan datang, untuk mengajukan permohonan dana, dan memperoleh dukungan dari sponsor dengan cara bekerja sama. Buatlah anggaran dana didalam proposal yang sesuai dengan keperluan kegiatan.

Jenis – Jenis Proposal

Secara Umum :

  1. Proposal Bisnis
  2. Proposal Proyek
  3. Proposal Penelitian
  4. Proposal Kegiatan

Bentuk Proposal :

  1. Proposal berbentuk formal
  2. Proposal berbentuk non formal (tidak formal)
  3. Proposal semi formal

Unsur-Unsur Proposal Kegiatan

  1. Surat pengantar
  2. Kata Pengantar
  3. Landasan Kegiatan
  4. Tujuan Kegiatan
  5. Nama dan Tema Kegiatan
  6. Bentuk Kegiatan
  7. Waktu Kegiatan
  8. Penyelengara Kegiatan
  9. Peserta Kegiatan
  10. Susunan Panitia
  11. Susunan Acara
  12. Anggaran Dana
  13. Penutup

Contoh Proposal Kegiatan

Surat Pengantar

Pengertian dan Contoh Proposal Kegiatan
http://azzamaviero.com/

Buatlah surat pengantar sesuai kegiatan dan sisipkan kalimat permohonan dana dan mengajak kerja sama untuk menjadi sponsor kegiatan, surat pengantar ini sangat penting untuk mengajukan proposal, jelaskan secara singkat kegiatan yang akan dilaksanakan.

2. Kata Pengantar/Muqoddimah

Pengertian dan Contoh Proposal
http://azzamaviero.com

Selanjutnya adalah kata pengantar atau dalam bahasa arab muqoddimah, buatlah kata pengantar yang nantinya akan mengarah ke kegiatan yang ingin dilaksanakan, buatlah kalimat pembukaan yang menarik utuk bisa diterima oleh donatur/sponsor.

Penasaran dengan  Cara Mudah Berbicara Didepan Umum

3. Sub Judul

Pengertian dan Contoh Proposal Kegiatan
http://azzamaviero.com

Buatlah Subjudul dan keterangannya, jika subjudul memiliki keterangan yang panjang dan membutuhkan satu atau dua lembar kertas, bisa tuliskan saja terlampir, nanti di halaman setelah penutup kita lampirkan keterangan subjudul yang belum ada keterangannya.

Pengertian dan Contoh Proposal
http://azzamaviero.com/
pengertian dan Contoh Proposal
http://azzamaviero.com/

Setelah menyusun subjudul, lalu buatlah keteranga tanda tangan, dengan orang-orang yang bersangkutan seperti ketua pelaksana, sekertaris, dan pembina. Lebih baik gunakan stample yang bersangkutan dengan kegiatan acara yang akan dilaksanakan.

Pengertian dan contoh proposal
http://azzamaviero.com/

Susunan Panitia harus sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang, buatlah serapih dan sedemikian rupa agar pihak yang akan dimintai izin bisa memberikan izin, ini juga penting untuk pembuatan proposal.

pengertian dan contoh proposal kegiatan
http://azzamaviero.com/
pengertian dan contoh proposal kegiatan
http://azzamaviero.com/
pengertian dan contoh proposal kegiatan
http://azzamaviero.com/

Susunan acara akan sangat diperlukan jika kita ingin acara/kegiatan yang kita buat berjalan dengan lancar dan sesuai yang direncanakan, buatlah susunan acara sedetail mungkin agar perusahaan yang kita bidik untuk menjadi donatur mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan, ini juga mempermudah peserta untuk mengikuti kegiatan sampai akhir acara.

pengertian dan contoh proposal kegiatan
http://azzamaviero.com/

Angaran dana atau estimasi dana ini yang menjadi pokok utama dalam proposal, buatlah serinci munkin agar apa yang nanti dibutuhkan tidak kekurangan, lebihkan sedikit perkiraan harga hindarilah melebih-lebihkan secara besar kalau bisa tambahkan diakhir sebelum jumlah “Dana Takterduga” artinya dana ini mungkin bisa menutupi kekurangan dari dana lainnya atau ini bisa menetupi jika ada yang tidak tercatat.

Baru saja kita membahas tentang pengertian dan contoh proposal kegiatan 17 Agustusan yang bisa kamu tiru untuk pembuatan proposal lainnya. Proposal ini bisa kamu kembangkan sesuai acara kegiatan yang membutuhkan anggaran dana.

2 pemikiran pada “Pengertian dan Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus

  1. Ping-balik: PROPOSAL

Tinggalkan komentar