7 Hal Pentingnya Menulis

7 Hal Pentingnya Menulis

7 Hal Pentingnya Menulis
sumber : https://unsplash.com/

Menulis adalah sesuatu yang sangat penting sama halnya dengan membaca, menulis memiliki banyak sekali manfaat oleh karena itu menulis menjadi salah satu kunci kesuksesan seseorang, banyak orang yang yang sukses dan mereka tidak luput dari yang namanya menulis, karena mereka tahu akan pentingnya menulis.

Menulis akan menjadikan seseorang lebih sempurna, pasalnya menulis akan mengingatkan kita tentang suatu hal yang tanpa disadari kita akan melupakannya, biasakanlah menulis tidak perlu langsung menulis tentang sesuatu yang wow, cukup menulis kejadian-kejadian yang sudah berlalu.

Buku diary menjadi bukti catatan sejarah kita dimasa lalu dulu, tulislah segala kosah kata yang baru karena kita pasti akan lupa dengan sesuatu yang baru apa lagi jarang kita dengar sebelumnya, menulislah dari hal-hal kecil. untuk itu kali ini kita akan membahas pentingnya menulis.

1. Pentingnya Menulis Bisa Penyalur Kreatifitas

7 Hal Pentingnya Menulis
sumber : https://unsplash.com/

Menulis dapat menyalrkan kreatifitas seseorang, orang yang menulis akan lebih bisa menyalurkan apa yang ada dalam pikirannya, seorang pengarang ceritapun akan menulis segala yang ada dipikirannya. Tidak sedikit orang yang memiliki pemikiran luas akan tetapi tibak bisa menyampaikan apa yang dipikirkannya dengan cara berbicara.

Cara lain adalah dengan menulis apa yang ingin dan ada dipikirannya, orang yang hebat dalam menyampaikan pendapat atau opini lewat lisan belum tentu bagus dalam menyampaikannya lewat tulisan, begitupun sebaliknya. Kreativitas bisa disalurkan lewat tulisan, seperti gravity, model tulisan atau para pembuat cerita.

2. Menggembangkan Imajinasi

7 Hal Pentingnya Menulis
sumber : https://unsplash.com/

Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan arti imajinasi yaitu daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan). Imajinasi itu hanya ada didalam pikiran kita, dan imajinasi itu akan sia-sia dan takberguna sama sekali jika hanya kita pikirkan dalam angan-angan saja.

Tuliskanlah imajinasi, seaneh apapun imajinasi yang ada dalam pikiran kalian, cobalah untuk tulisakan itu semua, jika imajiinasi itu masih bisa untuk direalisasikan kenapa tidak. Pesawat terbang adalah salah satu imajinasi manusia pada kala itu yang ingin merasakan terbang dengan imajinasi dan hayalan manusia mampu terbang.

Penasaran dengan  Berbagai Macam Mesin Pembuat Bakso yang Canggih

Awalnya hanya sebuah ketidak pastian atau mungkin hanya sebuah hayalan kosong, tapi jika dituliskan imajinasi itu akan terus menempel dalam kertas yang kita tulis dan membuat kita berfikir bagaimana caranya agar imajinasi yag kita sudah tuliskan bisa menjadi sebuah kenyataan.

3. Pentingnya Menulis Bisa Menambah Pengetahuan

7 Hal Pentingnya Menulis
sumber : https://unsplash.com/

Ini sudah penting dengan menulis mau tidak mau kita harus mencari reverensi tulisan tersebut yang kita bahas dan tulis, contoh kecil kita ingin membuat suatu artikel tentang bumi, kiat tidak tahu apa yang akan kita tulis atau kita hanya mengetahui sedikit tetang bumi.

Akhirnya kita mencari reverensi tentang bumi entah dengan membaca tau menanyakan pada pakar dan ahli, ini tentu saja akan menambah pengetahuan tentang bumi yang tadinya hanya minim pengetahuan tapi dengan membaca reverensi dan menanyakan pada ahliya maka pengetahuan kita tentang bumi akan bertambah.

Semakin sering kita menulis semakin bertambah pengetahuan kita, mulai dari kosa kata, gaya tulisan, menulis emaksa kita untuk berfikir lebih keras, pengetahuan tentang sejarah juga karena catatan, tulisan akan mengingatkan kita jika kita lupa akam suatu hal.

4. Menulis Adalah Abadi

7 Hal Pentingnya Menulis
sumber : https://unsplash.com/

Menulis adalah abadi! maksudnya jika kita menuliskan suatu hal, tentang ilmu yang pernah kita pelajari ilmu itu akan sampai kepada cucu atau bahkan buyut kita karena mereka membaca apa yang kita tulis, contoh kecilnay dulu pada saat kita masih sekolah, kita mencatat apa saja yang ada dipapan tulis yang dituliskan oleh guru.

Sekarang apakah kita masih ingat dengan ilmu yang guru dulu berikan kepada kita, jika tulisan kita masih ada maka kita akan bisa mengkaji ulang pelajaran yang diberikan oleh guru kita dulu, menulis akan membuat kita abadi, bukan kehadiran kita yang abadi namun, ilmu atau catatan kita yang akan abadi.

Contoh kecilnya saja, Imam Bukhori, beliau sudah lama wafat tapi hasil karya tulisannya masih ada sampai detik ini, atau keempat Imam mazhab, kita takan tahu mengenal perbedaan pendapat kalau keempat imam ini tidak menuliskannya.

Penasaran dengan  Teks Pembawa Acara Pengajian

Berbeda dengan musik yang suatu saat pasti akan lenyap dan tak terdengar lagi, entah lupa atau akan ada lagu yan lebih enak didengar lagi, semakin maju buku yang lalu semakin dicari karena apa yang ada dibuku sifatnya bisa untuk masa depan karena itulah disebut abadi.

Al-Qur’an adalah bukti nyata bahwa menulis adalah abadi, pada saat khalifah Utsamni, beliau memutuskan untuk mengumpulkan dan menuliskan firman Allah dan dibukukan, dan sampai sekarang apa yang ditulis masih bisa kita rasakan.

5. Pentingnya Menulis Bisa Menjadi Inspirasi

7 Hal Pentingnya Menulis
sumber : https://unsplash.com/

Menulis juga menjadi inspirasi banyak orang, dengan menulis seseorang akan menemukan inspirasi-inspirasi baru yang belum ditemui dan didapatkan sebelumnya, inspirasi itu tidak didapat dengan mudah butuh suatu ketenangan dan kenyamanan pikiran.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi terbentuknya inspirasi, menulis adalah salah satu yang dapat membentuk inspirasi, jika kita tidak tahu ingin menulis apa, tulis saja apa yang ada dipikiran kita seiring dengan menulis kita akan mendapatkan inspirasi dengan sendirinya.

Terkadang kita kurang baik dalam menulis, kita biasanya sombong dengan otak kita yang bisa menyimpan memori dengan banyak, tapi ingat kita mudah lupa, jika kita sedang sulit mendapatkan inspirasi kita bisa melihat karya tulisan kita untuk mendapatkan inspirasi.

6. Menghasilkan Uang

7 Hal Pentingnya Menulis
sumber : https://unsplash.com/

Menulis bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, contoh saja Asma Nadia, seorang penulis novel dan cerpen ini bisa hidup berkecukupan dengan menulis, hasil karya-karyanya bahkan dijadikan film layar lebar, bukan hanya itu jika kita bisa terus menerus berkarya dengan menulis kita akan dikenal dan terkenal.

Contoh lain Tere Liye, siapa sangka penulis yang memiliki nama asli darwin ini hanyalah seoran angkuntan, dia hanya hobi menulis, beliau adalah seorang karyawan akuntan, seperti biasa kerja dikanto menulis itu hanya selingan saja untuk mengisi wakt-waktu kosong.

Jika memang menulis itu susah, buatlah blog atau semacamnya untuk menyalurkan bakat menulis, tidak perlu harus kepercetakan terlebih dahulu, kita bisa mengupload apa yang ingin kita tulis dan seluruh penjuru dunia bisa membaca tulisan kita.

Penasaran dengan  Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar

7. Pentingnya Menulis Bisa Menguasai Dunia

7 Hal Pentingnya Menulis
sumber : https://unsplash.com/

Ini adalah manfaat terakhir dari menulis, kita akan bisa menguasai dunia hanya dengan menulis, kita bisa membuat bukti-bukti baru dan membuat sebuah karya tulis bari yang isinya diluar akal “out of the books” semua akan penasaran dengan apa yang kita tulis.

Tidak mudah memang, karena yang butuh perjuangan juga, menulis jangan dipikir mudah tapi jangan berpikir juga kalau menulis adalah sesuatu yang sulit, tidak semudah dan sesulit seperti yang kita bayangkan, mulailah menulis dari hal-hal kecil terlebih dahulu.

Jujur saya sendiri juga masih sedang dalam proses belajar menulis, disini saya merasakan bahwa apa yang saya tulis tidak bagus atau tidak rapih dan tidak jelas juga, tapi saya akan terus menulis dan belajar menulis meskipun terkadang tidak nyambung.

Mohon maaf juga jika apa yang saya tulis di artikel ini kurang begitu bisa dipahami dan masih banyak yang salah, tapi niat saya ingin mengajak kalian para pembaca juga menulis seperti saya, diawali denga tulisan pribadi hingga menulis untuk berdakwah.

Tinggalkan komentar