10 Sahabat Nabi yang DiJamin Masuk Surga

10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga – Sebagai seorang muslim kita wajib menyakini 6 rukun iman, iman kepada Allah SWT, iman kepada Malaikat, iman kepada Kitab Allah, iman kepada Rasulullah, iman kepada Hari Akhir, dan iman kepada Qada dan Qadar.

Oleh karena itu Rasulullah Muhammad SAW pernah bersaba tentang sahabat-sahabat yang diberikan jaminan masuk Surga oleh Nabi Muhammad dan kita wajib mengimaninya (mempercayainya).

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

Hadits Nabi
http://azzamaviero.com/

“Telah menceritakan kepada kami Qutaibah, telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Muhammad dari Abdurrahman bin Humaid dari ayahnya dari Abdurrahman bin ‘Auf dia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: Abu Bakar masuk surga, Umar masuk surga, Utsman masuk surga Ali masuk surga, Thalhah masuk surga, Zubair masuk surga, Abdurrahman bin ‘Auf masuk surga, Sa’ad masuk surga, Sa’id masuk surga, dan Abu Mush’ab dengan bacaan dari Abdul Aziz bin Muhammad dari Abdurrahman bin Humaid dari ayahnya dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam sepert di atas, namun dia tidak menyebutkan di dalamnya dari Abdurrahman bin Humaid dari ayahnya dari Sa’id bin Zaid dari Nabi Shallallahu‘alaihi Wasallam seperti hadits di atas, dan hadits ini lebih shahih dari hadits yang pertama.”

Penasaran dengan  Contoh Teks Anekdot Lucu dan Singkat

Tirmidzi, Kitab : Budi pekerti yang terpuji, Bab : Biografi Abdurrahman bin Auf azzuhri Radhiyallahu’anhu, No. Hadist : 3680) – Khusus nomor hadisnya mungkin akan berbeda jika penerbitnya juga beda.

Berikut Profil Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga

1. Abu Bakar

abu-bakar
https://upload.wikimedia.org/

Nama Asli Abu Bakar adalah Abdullah bin Utsman bin Amir bin Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taiym bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay Al Qurasyi At Taimi, lahir pada tahun 572 Masehi di Makkah dan wafat pada tahun 634 Masehi di Madinah.

Abu Bakar yang berarti “ayah si gadis” mempunyai jasa yang begitu besar, diantaranya : Menjadi orang pertama yang masuk islam, menemani hijrahnya Nabi Muhammad SAW, membebaskan 70 budak muslim yang disiksa karena bertauhid, dan menjadi seorang khalifah pertama untuk memerangi orang-orang murtad.

Penasaran dengan  Halal Is Our Lifestyle

2. Umar bin Khattab

umar-bin-khaatab
https://djenderal4arwah.files.wordpress.com

Umar bin Khattab bin naufal bin Abd Uzza bin Raba’ah bin Abdillah bin Qurth bin Huzaul bin Ady bin Ka’ab bin Luway bin Fihr bin Malik atau lebih dikenal dengan nama Umar bin Al-Khattab, lahir Makkah, 40 tahun sebelum Nabi hijrah ke Makkah dan Wafat 644 Masehi di Madinah.

Umar bin Khattab juga mempunyai banyak jasa terhadap Rasulullah maupun agama islam, diantara jasa beliau ketika menjadi seorang Khalifah kedua adalah, Perluasan wilayah kekuasaan islam, Membentuk struktur pemerintahan, menetapkan tahun hijriah sebagai tahun umat islam, dan membangun masjid-masjid.

3. Utsman bin Affan

Utsman bin Affan
http://3.bp.blogspot.com/

Utsman bin Affan bin Al-Ash bin Umayyah bin Abdu Syams bin Abdu Manaf bin Qushay Al-Amawi Al-Quraisy adalah nama lengkap dari Utsman bin Affan, Lahir pada tahun 574 Masehi dan Wafat pada bulan dzulhijah 35 Hijriah, Utsman dibunuh pada saat sedang membaca Al-Qur’an.

Beberapa jasa beliau ketika menjadi seorang khalifah : Memperindah Masjid Nabawi yang terletak di Madinah, Menuliskan dan membukukan Ayat-ayat Al-Qur’an saat itu ada 5 mushaf, Mengadakan tentara angkatan laut, memperluas wilayah kekuasaan islam ke banyak wilayah dan negara.

4. Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib
http://1.bp.blogspot.com/

Nama Lengkap Ali bin Abi Thalib bin Abdi Manaf bin Abdul Muththalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin an-Nadhar bin Kinanah Abul Hasan dan Husein, adalah keponakan + menantu Nabi Muhammad SAW, lahir pada tahun 559 masehi di Makkah dan Wafat tahun 40 Hijriyah.

Ali juga ikut serta dalam mengembangkan ajaran islam dan melewati masa-masa sulit bersama Rasulullah, jasanya yang besar saat menjadi khalifan, diantaranya : Mengganti beberapa gubernur yang dilatik saat zaman Khalifah Utsman karena kekerabatan, Menarik tanah dan harta baitulmal milik negara dari para gubernur, membangun kota Kuffah.

5. Thalhah bin Ubaidillah

thalhah-bin-ubaidillah
https://upload.wikimedia.org/

Thalhah bin Ubaidillah bin Utsman bin Amr bin Ka’ab bin Sa’ad al-Quraisyi at-Taimi, wafatnya pada tahun 656 Masehi, wafatnya beliau saat mengikuti perang uhud terjadi ketika Thalhah melindungi Rasulullah yang sudah terdesak, menerima 70 luka dari sabetan pedang, tusukan tombak, dan anak panah , lalu pergelangan tangan terpotong, dan akhirnya terjatuh lalu wafat, dan Syahid.

6. Zubair bin Awwam

zubair-bin-awwam
https://4.bp.blogspot.com/

Zubair bin Awwan termasuk kedalam orang-orang yang pertama masuk islam (Assabiqunal awalun) saat itu Zubair masih remaja dengan usia 15 tahun, beliau lahir pada tahun 594 Masehi dan wafat 656 Masehi di Iraq.

Rasulullah pernah menyatakan kebaggannya terhadap Zubair “Setiap nabi mempunyai pembela dan pembelaku adalah Zubair bin Awwam” Jubair juga dikatakan sebagai orang pertama yang menhunus pedang di jalan Allah.

7. Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf
http://azzamaviero.com/

Abdurrahmân bin Auf bin Abdi Auf bin Abdil Hârits bin Zahrah bin Kilâb bin al-Qurasyi Az-Zuhri Abu Muhammad, lahir diperkirakan 10 tahun setelah tahun gajah dan wafat pada umur 72 tahun di Yordania.

Sahabat Nabi yang satu ini memiliki keahlian dalam berbisnis sehingga Abdurrahman berjuang dengan harta dan jiwa yang dimilikinya, hartanya sangat banyak dan berlimpah, semakin beliau menyedekahkan hartanya semakin bertambah hartanya.

8. Sa’ad bin Abi Waqqas

Sa'ad bin Abi Waqqaf
http//azzamaviero.com/

Sa’ad bin Abi Waqqas Malik bin Uhaib bin ‘Abdi Manaf Al-Qurasyi Az-Zuhri Al-Makki, lahir pada tahun 595 Masehi di Makkah dan wafat tahun 674 Masehi di MAdinah atau di Guangzhou, Sa’ad menyatakan keislamannya pada saat usianya baru 17 tahun.

Sa’ad juga turut dalam menegakkan ajaran Tauhid dengan berbagai cara, salah satunya yaitu mengikuti berbagai pertempuran dengan kaum Kafir Quraisy, dan juga menjadi pemimpim perang melawan persia, Sa’ad wafat pada umur 82 tahun.

9. Sa’id bin Zaid

Sa'id bin Ziad
http//:azzamaviero.com//

Sa’id bin Zaid bin Amru bin Nufail Al-Adawi, lahir 22 tahun sebelum Hijrah di Makkah dan wafat pada usia 70 tahun di tahu ke 50/51 Hijriah di Al-‘Aqiq dan dimakamkan di Madinah. Sa’id mengikuti seluruh peperangan terkecuali Perang Badar karena pada saat itu ditugaskan Nabi Muhammad untuk suatu tugas yang penting.

10. Abu Ubaidillah bin Jarrah

Abu Ubaidillah bin JAhr
https://1.bp.blogspot.com/

Nama lengkapnya Amir bin Abdullah bin Jarrah Al-Fihry Al-Quraiys, beliau adalah orang kepercayaat umat islam, pernah suatu waktu saat beliau mengikuti perang badar, ada seorang Kafiir Quraisy yang menunggang kuda dengan beringas ingin membunuh Abu Ubaidillah, Abu Ubaidillahpun mencari momen dan kondisi yang tepat untuk membunuhnya hingga akhirnya lawannya inii tebunuh dengan kepala yang tersambit pedang.

Orang itu tidak lain dan tidak bukan adalah ayahnya Abu Ubaidillah yaitu Abdullah bin Jarrah, ia tidak membunuh ayah kandungnya melainkan membunuh kemusyrikan yang ada pada diri ayahnya.

itulah 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga oleh nabi Muhammad SAW. semoga kita bisa terus meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita agar apa yang kita harapkan kelak nanti akan terwujud, yaitu mencapai Surganya Allah SW.

Tinggalkan komentar