Sejarah Penemuan Virus diDunia

Sudah tidak asing ditelinga kita kata virus ini, jadi sebenarnya apa sih makna sesungguuhnya dibalik virus ini dan bagaimana awal munculnya virus, siapa yang menemukan pertama kali. Pertanyaan tadi kita langsung bahas saja dibawah ini.

Pengertian Virus

Menurut Wikipedia tentang pengertian virus, virus merupakan sebuah parasit mikroskopik yang dapat menginfeksi sel organisme biologis pada tubuh. Virus memilili sifat parasit obligat yang disebabkan oleh kemampuan virus yang hanya bisa bereproduksi pada material hidup dengan cara menginvasi dan juga menmanfaatkan sel makhluk hidup.

Ini dikarenakan virus tidak mempunyai perlengkapan pada seluler untuk mampu bereproduksi sendiri. Kandungan pada virus itu sendiri mengandung asam nukleat (DNA atau RNA namun tidak keduanya) dengan bahan pelindung seperti, protein, lipid dan glikopotein atau mengandung ketiganya.

Selain itu juga virus sering kali menjadi perdebatan para ilmuan kaena statusnya yang masih jomblo atau tidak dikatakan sebagai makhluk hidup karena virus tidak mampu menjalankan funsi pada biologisnya secara bebas dan tidak dalam sel inang.

Penasaran dengan  Tentang Penulis

Virus juga sering kita dengan sebagai sebuah penyakit, baik itu pada manusia, hewan maupun tumbuhan (makhluk hidup) seperti halnya pada hewan kita sering mengenalnya dengan sebutan virus flu burung dan lain sebagainya.

Sejarah Penemua Virus

virus tembakau bintik kuning
sumber gambar : http://diatasdewa.blogspot.com/

Terdapat banyak perbedaan dari tahun kemunculan virus di internet, namun kita bisa pastikan bahwa virus memang sudah ada sejak dulu dan kali ini kita akan sama-sama membahas tentang 4 penemu virus yang menemukan virus pada tahun yang berbeda-beda.

1. Sejarah Penemuan Virus oleh Adolf Mayer

Adolf Mayer merupakan seorang peneliti yang berasal dari Jerman yang berhasil menemukan dan mengidentifikasi keadaan virus pada tahun 1882 yang didapatkan dari penelitian penyakit pada tumbuhan daun tembakau dengan ciri memiliki bintik kuning.

Adolf Mayer mengawali penelitiannya mengambil getah tumbuhan daun tembakau yang memiliki bintik kuning dan menyemportkannya kepada daun tembakau lainnya yang tidak bepenyakit.

Hasil penelitiannya membuat tumbuhan tembakau yang sehat menjadi memiliki penyakit yang sama dengan tumbuhan sebelumnya yang dianulir memiliki virus. Hal membuat Adolf Mayer membuat kesimpulan bahwa terdapat mikroorganisme yang memiliki ukuran jauh leih kkecil dibandingkan dengan bakteri.

Penasaran dengan  Kecewa Tak Mampu Merebut Kebahagiaan

2. Sejarah Penemuan Virus oleh Ivanovski

Ivanovski memiliki kewarganegaraan Rusia dia adalah seorang ilmuan yang mampu menemukan virus, Ivanovski melakukan penelitian menggunakan cara yang sama dengan Aldolf Mayer namun berbeda dari penggunaan Filternya.

Filter yang digunakan adalah filter yang mampu menyaring bakteri yang sudah ditemukan oleh Lembaga Pasteur di Paris. Ivanovski menggunakan tanaman yang sama seperti mayer yaitu tembakau sebagai bahan penelitiannya.

Tembakau yang memiliki bintik kuning disaring menggunakan penyaring bakteri sebagai pemmbuktian bahwa penularan bukan berasal dari inveksi bakteri. Getah bintik kuning yang sudah disaring kemudian diberikan kepada tanaman tembakau yang sehat dan hasilnya tanaman tembakau yang sehat tetap sehat.

Lalu ivanoski menyimpulkan terdapat baktei patogen yang dihasilkan oleh produksi bakteri yang memiliki ukuran yang kecil sehingga mampu lolos dari penyaringan yang telah dilakukan sebelumnya.

3. Sejarah Penemuan Virus oleh Martinus Beikerinck

penemuan-virus-bintik-kuning
sumber gambar : http://dyahumiyarni.blogspot.com

Sejarah penemuan virus yang ketiga adalah Martinus Beijerinck yang merupakan seorang ahli dibinag mikrobiologi yang berkewarganegaraan Belanda, yang memiliki insiparasi dari penemuan virus yang berhasil oleh Ivanovski.

Martinus Beijerinck membuat sebuah kesimpulan dari pengamatannnya, menyatakan organisme yang disebabkan oleh penyakit bintik kuning pada tanaman tembakau mempunyai ukuaran yang sangat kecil yang di sebut mikroorganisme.

Mikroorganisme ini mampu hidup dengan cara menumpang pada mahkluk hidup yang sudah terkena infeksi menurut Martinus Beijerinck ini, meskipun begitu Martinus Beijerinck belum dapat juga untuk menemukan struktur dari mikrooganisme.

Penasaran dengan  13 Manfaat Buah Semangka Bagi Ibu Hamil dan Janin

4. Penemuan Sejarah Virus Oleh Wendell Stanleika

Wendell Stanleika adalah seorang ilmuan yang berkewarganegaraan Amerika, penemuan virus oleh Wendell terjadi pada tahunn 1935 yang juga melakukannya melalui penyakit kuning tembakau.

Wendell sukses membuat kristal partikel dari bintik kuning tembakau, partikel mikroskopis ini dikenal dengan nama Tobacco Mosaic Virus (TMV). Sejak terjadinya ini semakin banyak lagi penelitian-penelitian untuk menemukan virus-virus lainnya.

Banyak para ilmuan yang mekalukan penelitian dari berbagai mahkluk hidup lainnya yang juga ditemukan banyak jenis virus yang berbeda dan beaneka ragam, bahkan hingga ditemukan virus yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga penyembuhan.

Tinggalkan komentar