7 fakta anak pondok

Suka Duka di Pesantren

  • Awal Masuk Pesantren

Wutsqo

Sebenarnya saya tidak kepikiran untuk masuk Pesantren meskipun saya adalah anak salah satu ustad di Pesantren tersebut, ketika SD saya sekolah di salah satu SD favorit dan saya pun sudah mengikuti ujian masuk disalah satu SMP favorit juga di Indramayu dan hasilnya pun saya diterima.

Entah karena saya berasal dari SD Favorit atau nilai tes saya yang hasilnya bagus, saya dan sahabat SD saya ingin melanjutkan pendidikan bersama di sana tapi takdir berkata lain saya akhirnya masuk Pesantren dan itu berjalan dan terjadi begitu saja.

  • Kehidupan Awal di Pesantren

Karena saat itu saya merasakan hal ini berjalan dengan sendirinya jadi sayapun belajar dengan seadanya dan tanpa semangat yang seadanya juga, tapi seiring berjalannya waktu semua berubah menjadi sebuah proses dimana semangat dan kesadaran muncul dengan sendirinya.

babaihaqi.blogspot.com

Berat memang melihat teman-teman bermain dan merasakan indahnya keluar rumah sedangkan saya hanya berkisar di asrama,rumah dan kelas keluar pun hanya ke warung.

Awalnya juga saya masih polos dan tidak tahu tentang banyak hal akan tetapi semakin ke sini saya mengetahui apa aja kegiatan dan seperti apa kehidupan di Pesantren.

  • Mengenal Kegiatan di Pesantren

ahsinrifqy.blogspot.com

Awal saya masuk Pesantren pikiran saya adalah di Pesantren itu kegiatannya sangat padat dan elelahkan ternyata setelah saya masuk dan berfikir tentang kegiatan yang dijalani di Pesantren tidak terlalu padat dan banyak ilmu.

Penasaran dengan  Menentukan Masa Depan

Di Pesantren ada yang namanya kajian yang biasanya dilakukan di sore hari, saya belajar di Pesantren dimulai dari subuh hari, setelah bangun subuh dan sholat subuh disambung dengan kegiatan Al-Ma’surat pagi.

Urwatul-wutsqo-3

Dilanjutkan dengan menghafal Al-Qur’an sampai pukul 06:00 setelah itu berkemas untuk sekolah(sarapan, mandi dll) kegiatan sekolah dimulai pukul 07:00 – 02:00 termasuk dua kali jam istirahat dan makan siang setelah dzuhru setelah kegiatan belajar dilanjutkan dengan istirahat siang sampai ashar.

Setelah itu dilakukan kegiatan kajian sekitar pukul 16:00 – 17:00 malam harinya ada yang namanya evaluasi santri yang biasanya dipimpin oleh organisasi santri dan juga mungkin ada pengumuman dan informasi lainnya. dan istirahat maksimal pukul 22:00 seluruh santri sudah tidur dan tidak ada kegiatan diluar jam tersebut sampai dengan pagi kembali.

Lelah memang tapi disini saya diajarkan bahwa waktu itu sangat berharga jika saya malas-malasan mungkin saya akan mendapatkan banyak waktu luang tapi ketika saya dewasa nanti saya hanya akan mempunyai waktu sedikit untuk bersantai.

pks-dpcpancoran.blogspot.com

  • Indahnya Kebersamaan

Kebersamaan di Pesantren tidak bisa kita bandingkan dengan kebersamaan saya di sekolah formal lainnya, pasalnya di Pesantren saya makan, tidur dan dalam kegiatan apapun selalu dilakukan bersama. Jika saya ataupun teman saya ada yang lagi punya uang lebih saya ajak yang lain jajan barang jika saya sedang tidak ada uang mereka yang gantian mengajak saya jajan begitu seterusnya.

Penasaran dengan  Indahnya Masa SMA

Di Pesantren tidak ada yang namanya teman, semua adalah sahabat dan sahabat yang paling dekat biasanya adalah sahabat satu kelas atau satu angkatan, biasanya di Pesantren mereka akan bersahabat dengan teman satu angkatan karena untuk mempererat dan memperkompak angkatan.

14117715_10205643203077870_1931536334939046112_n

Setiap angkatan biasanya mempunyai tujuan dan bakat yang berbeda dan juga mempunyai ciri khas yang beda, jadi kebersamaan yang saya rasakan di Pesantren sangat beda dengan kebersamaan yang saya pandang di sekolah formal.

  • Pelajaran yang Dapat diPetik dari Pesantren

Sebenarnya banyak sekali hikmah yang bisa saya ambil dari kehidupan di Pesantren dimulai dari saya dibiasakan bangun pagi dan bergegas dalam segala kegiatan terutama saat mendangar Adzan berkumandang. Menghormati orang yang mempunyai ilmu dan pengalaman yang lebih banyak dari saya, bagaimana hidup bersama dalam susah maupun senang, bahayanya kehidupan dunia yang bisa membutakan mata hati dan pikiran saya.

12072760_10203913239429860_2620087948692269393_n

Memahami apa itu islam dan sejarah berkembangannya islam dan banyak hal-hal lain, yang jelas saya hidup hanya satu kali dan jangan pernah menyiayiakan hidup ini. Waktu tidak bisa diulang dan akan terus berjalan maju. Rasakan dan nikmati apa yang kamu ingin rasakan tapi jangan pernah lupa akan hidup hanya satu kali dan persiapkanlah bekal untuk kehidupan setelah kehidupan dunia yang fana ini.

Penasaran dengan  Indahnya Atap Jawa Barat

Tinggalkan komentar