Tanda-tanda kiamat kecil dan besar

Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar

Tanda-tanda kiamat kecil dan besar
https://i.ytimg.com/

Tanda-tanda kiamat kecil dan besar ini akan kita bahas bersama, tapi sebelumnya kita akan mengetahui apa itu kiamat? Berikut ulasannya. Hari akhir atau dikenal juga dengan kiamat adalah suatu masa dimana bumi akan hancur sehancur-hancurnya bahkan bukan hanya bumi tapi seluruh jagat raya akan hancur dan dimana semua kehidupan berakhir.

Mempercayai akan datangnya hari akhir hukumnya wajib, apalagi bagi kita orang muslim, karena mempercayai hari akhir termasuk kedalam rukun-rukun iman yang enam. Hari akhir ada dua macam, ada kiamat surga (kecil) dan kiamat kubra (besar), kita akan mempelajari apa itu kiamat kecil dan besar dan bagaimana tanda-tandanya, langsung saja yuk kita baca penjelasannya berikut ini.

Kiamat Sugra (kecil)

Pengertian Kiamat Kecil

kiamat kecil adalah suatu kejadian berakhirnya kehidupan yang hanya menimpa sebagian dari keseluruhan yang ada di alam semesta, yang mengenai seorang induvidual dan kelompok. Contoh kiamat kecil adalah, sakit, kecelakaan, kematian seseorang, gempa bumi, dan kejadian bencana alam lainnya.

Tanda-tanda Kiamat Kecil :

  1. Penaklukan Baitulmuqaddis/Yarussalem
  2. Perzinaan semakin marak dan merajalela
  3. Para pemimpin yang tidak amanah dan fasik
  4. Banyak terjadi kematian dikalangan orang-orang Soleh
  5. Membesar-besarkan majid dan membanggakannya
  6. Wanita berpakaian tapi telanjang
  7. Maraknya informasi dusta
  8. Terlihat bulan sabit yang besar
  9. Negara arab menjadi subur (tumbuh rumput & sungai)
  10. Seringnya terjadi bencana alam
Tanda-tanda Kiamat kecil dan besar
https://upload.wikimedia.org/

Sebenarnya tanda-tanda kiamat kecil lebih dari 10 masih banyak lagi, ada yang sudah terjadi ada jua yang sedang terjadi dan yang belum terjadi tapi jika kita melihat sekeliling kita bukankah semuanya sudah banyak yang terjadi, ini lah mengapa kita harus selalu meminta perlindungan dari Allah SWT agar kita dijauhi dari perbuatan-perbuatan keji. Nauzubillahiminzalik

Kiamat Kubra (besar)

 

Pengertian Kiamat Besar

Kiamat besar adalah suatu kejadian yang akan menghancurkan seluruh jagat raya dan berakhirnya kehidupa di dunia, ini berlaku kepada semua mahluk Allah SWT. Kapan waktu terjadinya kiamat kubra? tidak ada yang tahu kapan pastinya, hanya Allah SWT saja yang maha tahu.

Penasaran dengan  Makanan Khas Wonosobo? Pasti Buat Kamu Ngiler...

Tapi tidak secara tiba-tiba kiamat itu terjadi ada tanda-tanda dan proses yang dilalui bahwa kiamat akan terjadi secara serentak diseluruh pelosok bumi. Banyak ayat-ayat dan surat-surat di Al-Qur’an yang menjelaskan tentang hari akhir tidak hanya itu hadits-hadits juga banyak yang menceritakan tentang hari akhir ini.

Perlu kita ketahui bagaimana terjadinya hari kiamat, prosesya dan tanda-tanda bahwa kiamat kubra akan terjadi, dengan itu lansung saja kita simak 10 tanda-tanda kiamat kubra berikut ini.

10 Tanda-tanda Kiamat Kubra

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ فُرَاتٍ عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ السَّاعَةَ فَقَالَ مَا تَذْكُرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ فَقَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ عَشْرَ آيَاتٍ الدُّخَانُ وَالدَّجَّالُ وَالدَّابَّةُ وَطُلُوعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولُ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ وَيَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَثَلَاثُ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ قِبَلِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ قَالَ أَبُو عَبْد الرَّحْمَنِ سَقَطَ كَلِمَةٌ

Telah bercerita kepada kami Sufyan bin Uyainah dari Furat dari Abu Thufail dari Hudaifah bin Asid bahwasannya Rasulullah SAW menemui kita dan kita sedang membicarakan hari kiamat, kemudian Rasulullah bersabda “Apa yang sedang kalian bicarakan” Kami menjawab, ‘kami sedang membicarakan hari kiamat’.

Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda “Kalian tidak akan menemui hari kiamat sampai kalian melihat sepuluh tandanya, keluarnya asap, Dajjal, binatang melata, keluarnya matahari dari sebelah barat, turunya Isa bin Maryam, keluarnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj, dan berkobarnya api ditiga tempat, yaitu di Timur, Barat dan Jazirah Arab dan pamungkasnya adalah api yang menggiring mereka menuju ke tempat berkumpul” Abu Abdurrahman berkata, kalimatnya ada yang hilang.

“Hadits riwayat Imam Ahmad, 15555”

1. Munculnya Ad-Dukhan (asap)

Tanda-tanda kiamat kecil dan besar
https://i.ytimg.com/

Allah berfirman :

(فَٱرۡتَقِبۡ يَوۡمَ تَأۡتِى ٱلسَّمَآءُ بِدُخَانٍ۬ مُّبِينٍ۬ (١٠) يَغۡشَى ٱلنَّاسَ‌ۖ هَـٰذَا عَذَابٌ أَلِيمٌ۬ (١١

Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas (10) Yang meliputi manusia, inilah azab yang pedih (11).

Maksudnya yaitu bencana kelaparan yang menimpa kau Quraisy karena mereka menentang Nabi Muhammad SAW. Dan hal ini adalah proses pertama di hari kiamat kubra yang dahsyat, jika tanda-tanda hari kiamat kecil bermunculan belum tentu yang lainnya juga muncul bersamaan, ada yang sudah berlalu, sedang berlalu dan akan berlalu, tapi jika satu tanda kiamat kubra terjadi makan yang lainnya akan menyusulnya.

Penasaran dengan  Cara Mudah Bergaul Dengan Teman Baru

2. Dajjal

Tanda-tanda kiamat kecil dan besar
https://3.bp.blogspot.com/

Dajjal adalah mahluk Allah yang diciptakan dan diberikan kekuatan oleh Allah SWT. Dajjal bukanlah ia yang mempunyai tubuh yang besar tetapi sama seperti kita manusaia pada umumnya, Dajjal akan membutakan hati kita, dia mengganggap bahwa dirinya tuhan dan bisa melakukan apa saja dan kita bisa tergiur oleh apa yang dibuatnya.

Fitnah Dajjal adalah fitnah yang sebenar-benar fitnah, bersamanya ada surga dan neraka, nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka. Semua negeri akan dimasukinya, keculai beberapa tempat yang ia tidak bisa memasukinya dikarenakan ada Malaikat yang menjanganya, yaitu Masjidil Aqsha, Tursina, Makkah dan Madinah.

Adapun do’a mohon perlindungan dari fitnah Dajjal:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ
“Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur, siksa Neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Al-masih Dajjal.”

3. Munculnya Dabbah (binatang melata)

Munculnya Dabbah atau binatang melata pertanda bahwa kiamat tinggal beberapa waktu saja, ia (binatang melata) memberikan tanda-tanda kepada manusia. Al-Qur’an Surat An-Naml ayat ke 82 dan Hadis Nabi yang di riwayatkan oleh Muslim no. 158.

4. Terbitnya Matahari dari Barat

Tanda-tanda kiamat kecil dan besar
http://4.bp.blogspot.com/

Terbitnya atau keluarnya matahari dari Barat adalah salah satu proses terjadinya kiamat, pada saat matahari muncul dari arah Barat makan semua pintu taubat telah tertutup dan tidak berlaku lagi yang namanya penyesalan hanya iman dan amal yang kita punya yang bisa menyelamatkan kita dari pedihnya api Neraka.

5. Turunya Isa bin Maryam

Turunya Nabi Isa ini setelah Dajjal keluar dan membuat kerusakan di bumi, tepatnya Nabi Isa turun sesaat setelah iqomah subuh dikumandangkan, saat itu Imam Mahdi yang berdiri di depan mempersilahkan Nabi Isa mengimami sholat subuh akan tetapi Nabi Isa memersilahkan Imam Mahdi menjadi Imam Sholat Subuh.

Setelah Sholat dan pada saat itu umat islam sudah terkepung dengan para pengikut Dajjal, setelah usai sholat subuh Nabi Isa keluar dan berpapasan dengan Dajjal, pada saat itu kekuatan yang diberikan Allah ke Nabi Isa melampaui kekuatan yang dimilki Dajjal, Dengan Izin Allah Nabi Isa menghancurkan Dajjal sehancur-hancurnya.

Penasaran dengan  Nikmatnya Berinteraksi dengan Al-Qur’an
Tanda-tanda kiamat kecil dan besar
http://azzamaviero/

6. Keluarnya Bangsa Ya’juj dan Ma’juj

Tanda-tanda kiamat besar selanjutnya adalah keluarnya Ya’juj dan Ma’juj adalah sama seperti manusia yaitu keturunan dari Nabi Adam dariketurunan Nabi Nuh, dari anak keturunan Yafits (nenek moyang bangsa Turki), mereka ini dikepung atau ditahan dibalik tembok besar yang dibangun oleh Dzulqarnain.

Ya’juj dan Ma’juj adalah perusak muka bumi mereka akan merusak segala yang ada di bumi dan juga jumlah mereka sangatlah banyak jika dibandingkan dengan manusia pada umumnya 1 banding 999, mereka semua akan mengisi dan menjadi mayoritas penghuni neraka.

7. Bekobarnya Api ditiga Tempat

Tanda-tanda kiamat kecill dan besar
http://alfath.org/

Tanda-tanda kiamat kecil dan besar selanjutnya adalah bekoobarnya api ditiga tempat yaitu, di bagian sebelah Barat, Timur dan Jazira Arab. Banyak sekali pendapat yang berbeda-beda mengenai hal ini, ada yang mengatakan bahwa terjadi gerhana ditempat tersebut dan ada pula yang mengatakan terjadinya gempa bumi, والله أعلمُ بالـصـواب.

Hanya ada tujuh dalam hadits diatas yang menjelaskan dan sebagiannya ada kalimat yang hilang jadi, saya sendiri tidak berani untuk mempots yang tidak tercantum dalam hadis di atas tersebut, barangkali ada yang salah dan kurang jelas mohon dimaafkan, kita bisa mempelajari bersama melalui ceramah ustadz Zulkifli diatas, silahkan disimak.

Itulah beberapa tanda-tanda kiamat kecil dan besar, perlu kita renungkan bahwa umur bumi sudah sangat tua dan hampir semua tanda-tanda kiamat kecil sudah terjadi atau sedang terjadi. Semoga kita menjadi hamba-hamba Allah yang bertakwa.

Tinggalkan komentar