6 Makanan Khas Sulawesi Tengah Mampu Membuat Kamu … ?

Makanan khas Sulawesi Tengah – Setelah sebelumnya kita telah membahas makanan khas Sulawesi Selatan dan makanan khas Sulawesi Barat, kali ini kita membahas tentang wisata kuliner khas Sulawesi Tengah yang tidak kalah menarik untuk dicoba nih guys.

Wisata kuliner khas Sulawesi Tengah juga enggak bisa dipandang sebelah mata dan pastinya menarik untuk di coba. Makanan khas Sulawesi Tengah mempunyai ciri khas tersendiri, makanan di Sulawesi Tengah dikenal dengan rasanya yang pedas dan rasa asam yang terasa di lidah para pemakan.

Kenapa gitu? Karena peranguh yang paling mendasar adalah hasil dari alam di sekitar Sulawesi Tengah yang banyak. Buah yang paling banyak ditemui di sana adalah buah mangga dan hasil laut yang paling popular adalah ikan.

Meskipun bergitu makanan pokok nya sama seperti masyarakat Indonesia kebanyakan, yaitu nasi, untuk makanan pelengkapnya ada berbagai macam umbi-umbian, buah pepaya, mangga, pisang, dan jambu. Tidak hanya itu masih banyak lagi juga makanan pelengkap lainnya.

Oke kalau begitu sekarang kita akan sama-sama membahas tentang apa saja sih makanan khas Sulawesi Tengah ini. Berikut adalah beberapa makanan khas Sulawesi Tengah yang mungkin bisa menjadi reverensi buat kamu yang ingin atau sedang ada di Provinsi yang meruapaka bagian dari Pualau Sulawesi ini.

Penasaran dengan  7 Daftar Makanan dan Oleh-oleh Lumajang yang Terkenal di Indonesia

Daftar Isi

Makanan Khas Sulawesi Tengah, Sop Kaledo

sop kaledo khas sulawesi tengah
Sumber : http://ariffadlillah.com/

Makanan tradisional khas Sulawesi Tengah yang pertama adalah kaledo, kamu tahu enggak apa itu kaledo? Kaledo menjadi makanan faforit yang berasal dari Kota Palu yang semakin kesini peminatnya semakin bertambah.

Dimana Kota Palu sendiri adalah Ibu Kota dari Provinsi Sulawesi Tengah, kaledo termasuk kedalam jenis sop dimana sop ini dibuat atau dicampur dengan bumbu racik yang mampu membuat sop kaledo terasa segar, nikmat dan pastinya wuenak.

Daging sapi menjadi bahan utama pembuatan sop kaledo ini, daging sapi ini diolah menggunakan bummbu racikan khas masyarakat Palu. Bumbu yang dibuat akan meresap ke sop kaledo yang akhirnya menciptakan sebuah cita rasa yang muantap.

Kuliner Khas Sulawesi Tengah, Onyop

Kuliner Khas Sulawesi Tengah
Sumber : http://www.xplorcentsi.com/

Pernah dengar makanan dengan nama onyop ? Nah, onyob ini adalah nama suatu makanan yang menjadi ciri khas Sulawesi Tengah. Makanan khas Sulawesi Tengah ini (onyop) hamir sama dengan jenangan (makaanan yang popular di Jawa, khususnya Jawa Timur).

Onyob berbahan dasar sagu, dengan bentuk yang teak beraturan dan memiliki tekstur kenyal, penyajian untuk kuliner khas Sulawesi Selatan ini dengan cara di campur menggunakan kuah ikan yang terdapat rasa asam. Di Jawa sendiri jenang biasanya dijadikan sarapan sebelum beraktifitas seharian.

Onuop sendiri popular di daerah Luwuk yang teradapat di Sulawesi Tengah, sebenarnya onyop dan kuah asem adalah dua kuliner yang berbeda, namun dalam penyajian agar rasa yang dihasilkan juga lebih bervariasi, jadi setiap kamu beli onyop kamu juga pasti menjdapai kuah asem.

Lalampa Khas Sulawesi Tengah

Lalampa Khas Sulawesi Tengah
Sumber : http://kooliner.com/

Lalapa masuk kedalam makanan Khas Sulawesi Utara, namun lalapa juga popular di Sulawesi Tengah, sebenarnya makanan lalapa ini termasuk kedalam makanan jenis ringan, dan yang paling terkenal adalah palapa dari Manado, Sulawesi Utara.

Di Sulawesi Tengah juga palapa tidak kalah popular, makanan yang terbuat dari beras dengan ini ikan cakalang ini mipir dengan lemper yang mungkin lebih kita kenal. Palapa di bungkus menggunakan daun pisang yang sebelumnya telah di bakar terlebih dahulu.

Itulah yang membedakan lemper dan palama, bukan hanya isinya saja yang beda namun juga cara memasaknya, karena palapa dimasak dengan cara di bakar yang sudah pasti aroma dan rasnya lebih reasa lezat.

Kamu bisa menjadikan palapa ini teman di saat kamu ngobrol atau ngopi, karena selain enak dan lezat, palapa juga bisa menahan perut kamu yang perotes dan demo untuk segera di isi. Sekarang kamu bisa menemukan palapa di luar Provinsi, namun dengan rasa yang sedikit berbeda (mungkin😃)

Milu Siram Khas Sulawesi Tengah

milu siram sulawesi tengah
Sumber : http://www.tokomesin.com/

Milu siram merupakan kuliner yang berbahan utama jagung muda, milu siram dikenal juga dengan nama binte biluhuta dan sup jagung. Kalau kamu lihat di google yang di maksud milu siram adalah binte biluhuta, hal ini berdasarkan adanya wikipedia yang berjudul binte bihuta.

Pada milu siram terdapat beberapa campuran bahan makanan, selain jagung ada juga ikan dan udang yang sudah diolah. Umumnya milu siram memiliki rasa manis, pedan, dan asin, namun kini seiring berjalannya waktu milu siram berkembang dengan dibuktikannya berbagai macam varian rasa yang pastinya dapat menggyang lidah kamu.

Tidak hanya itu milu siram juga di percaya mampu mengancurkan kolesterol jahat pada tubuh manusia, kenapa karena pada jangung itu sendiri kaya akan manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Jadi buat kamu yang kurang suka dengan jagung cobalah milu siram, karena jagung di hidangkan dalam tampilan yang berbeda.

Tinutuan, Kuliner Khas Sulawesi Tengah

Tinutuan, Kuliner Khas Sulawesi Tengah
Sumber : https://upload.wikimedia.org/

Makanan khas Sulawesi Tengah selanjutnya adalah tinutuan, tinutua tidak hanya popular dan menjadi kuliner khas Sulawesi Tengah, namun juga menjadi Makanan khas Sulawesi Utara, karena tinutuan di kenal juga dengan bubur Manado.

Tinutuan sendiri hampir mirip dengan bubur, hanya saja pada tinutuan terdapat banyak campuran sayur-saturan yang pastinya menyehatkan buat kamu yang mengkonsumsinya. Di Manado sendiri tinutuan biasa dijadikan sebagai sarapan pagi sebelum beraktivitas.

Simpelnya sih, bubur yang menggunakan sayur-sayuran sebagai bumbu atau pengganti daging, kalau di Jawa ada bubur ayam, namun di Sulawesi Tengan dan Utara ada bubur sayur. Gimana tertarik untuk mencobanya?

Saraba Minuman Khas Sulawesi Tengah

Saraba Minuman Khas Sulawesi Tengah
Sumber : https://inspiratifnews.com/

Saraba, eitsss ini bukan makanan ya melainkan minuman yang ada dan dapat ditemui dengan mudah di Sulawesi Tengah, entah dari kapan saraba menjadi Minuman khas Sulawesi Tengah yang pasti saraba ini cocok buat kamu para pecinta wedang hangat.

Banyak yang bilang juga saraba menjadi minuman khas Makassar yang sudah membumi di Provinsi Makassar itu sendiri. Wedang atau minuman saraba biasanya disajikan dalam bentuk panas atau hangat, dan ini yang menjadikan wedang saraba di sukai saat musim hujan tiba.

Rasanya tidak jauh beda dengan wedang jahe, dimana ada rasa pedas-pedasnya yang memang pedasnya itu berasal dari jahe dan rasa segar yang pastinya buat tubuh kamu hangat deh. Saraba juga bisa di kombinasikan dengan susu kental manis untuk menambah rasa manis.

Gimana sudah puas belum ? sebetulnya masih banyak lagi makanan khas Sulawesi Tengah yang belum banyak di ketahui banyak orang. Itu lah tadi beberapa makanan dan minuman khas Sulawesi Tengah yang mungkin bisa menjadi reverensi buat kamu saat kamu berkunjung ke Sulawesi Tengah.

Memang banyak kesamaan makanan khasnya dengan daerah lain, namun minuman dan makanan khas Sulawesi Tengah pasti mempunyai rasa dan keunikan tersendiri. Jadi kamu enggak perlu khawatir akan rasa yang sama dan sajian yang membosakan.

Tinggalkan komentar